Meski Tak Ada CFD, Bundaran HI Tetap Didatangi Pesepeda Sampai Ibu Bawa Anak

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 07:38 WIB
Kondisi di Bundarn HI pada Minggu (9/8).
Foto: m Kondisi di Bundarn HI pada Minggu (9/8) Luqman Nurhadi Arunanta /detikco
Jakarta -

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, belum diberlakukan kembali pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Namun, warga tetap berolahraga di sana.

Pantauan detikcom, Minggu (9/8/2020) pukul 07.10 WIB, warga tampak memadati kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Warga yang berolahraga mayoritas adalah pesepeda dan pejalan kaki atau jogging.

Pesepeda melintas di jalur pop-up berimpitan dengan pemotor dan pengguna roda empat. Warga tampak memilih berjalan santai dan jogging di jalur pop-up dan trotoar.

Terlihat pesepeda maupun pejalan kaki yang datang ke Bundaran HI mengabadikan momen dengan latar belakang ikon Bundaran HI. Petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan tampak berjaga agar warga tidak berkerumunan di trotoar kawasan Bundaran HI.

"Bapak-bapak, ibu-ibu silakan melanjutkan perjalanan kembali," kata salah seorang petugas Satpol PP dengan pengeras suara.

Terpantau masih ada warga yang membawa anak di bawah usia 9 tahun. Ada juga beberapa pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar Bundaran HI arah Jalan Kebon Kacang Raya.

Diketahui, kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat tetap ramai dikunjungi masyarakat di hari Minggu. Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini masih meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan tersebut.

(aik/aik)