Diminta Gerindra Maju di Pilpres 2024, Begini Respons Prabowo

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 20:55 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Partai Gerindra telah meminta langsung kepada ketua umumnya Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Permintaan itu diungkapkan langsung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo belum memutuskan apakah akan maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 atau tidak. Prabowo meminta waktu satu tahun atau lebih kepada peserta KLB.

"Pak Prabowo tadi di hadapan KLB mengatakan bahwa tentang hal tersebut (maju sebagai capres) akan diputuskan satu tahun atau satu setengah tahun," ujar Muzani usai KLB Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Permintaan Prabowo menjadi capres 2024 disampaikan langsung oleh seluruh DPD dan DPC Gerindra di KLB. "Seluruh DPD dan DPC tadi meminta Pak Prabowo untuk maju dalam pilpres tahun 2024 terhadap permintaan yang terakhir ini majunya di tahun 2024," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra mulai berbicara soal pencalonan di Pilpres 2024 mendatang. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengungkap, sang ketum Prabowo Subianto siap kembali maju sebagai capres apabila diminta kadernya.

"Selama kekuatan, selama hayat masih dikandung badan, selama itu diminta oleh kader, selama partai memanggilnya, beliau insyaallah akan siap menghadapi, akan siap memikul beban tugas partai tersebut," ungkap Muzani dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6).

Hal tersebut diungkapkan Prabowo dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra pada Kamis (4/6) malam. Rapat tersebut digelar secara virtual dengan dihadiri oleh pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasihat, dan Dewan Pimpinan Daerah.

Tonton juga 'Jadi Ketum Gerindra Lagi, Prabowo Maju Nyapres di 2024?':

[Gambas:Video 20detik]

Muzani menyebut Prabowo akan segera menetapkan keputusan soal capres dari Gerindra. Hanya, menteri pertahanan (Menhan) itu meminta semua kader Gerindra bersabar dalam pengambilan keputusan tentang calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Tentang pencalonan presiden, Pak Prabowo sekali lagi meminta agar segenap Partai Gerindra bersabar, pada saatnya nanti kita akan mengambil keputusan yang terbaik," jelas Muzani.

"Jika beliau sehat, jika kader meminta dan jika rakyat mengharapkan, tentu saja ini akan menjadi cara berpikir beliau dalam mengambil keputusan pada waktu yang tepat," lanjut Wakil Ketua MPR itu.

(maa/maa)