Profil Paskibraka 2020 yang Punya Tiga Anggota Perempuan

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 19:42 WIB
Sebanyak 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8).
Foto: Rengga Sancaya/Profil Paskibraka 2020 yang Punya Tiga Anggota Perempuan
Jakarta -

Sosok Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas tiap Hari Kemerdekaan Indonesia selalu menarik perhatian. Tak terkecuali Paskibraka 2020 yang hanya punya delapan anggota untuk upacara 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah telah menyatakan tidak mengadakan seleksi Paskibraka 2020 karena pandemi COVID-19. Paskibraka 2020 telah terpilih sebelumnya untuk upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Negara pada 2019.

"Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, tunjukkan performa terbaik, kalian pantas terpilih dari sekian banyak orang. Ini monumental dan bersejarah bagi hidup Saudara, kebanggaan keluarga, sekolah, kabupaten, provinsi, dan 267 juta rakyat Indonesia," kata Menpora Zainudin Amali.

Sebanyak tiga dari delapan anggota Paskibraka 2020 adalah perempuan, yang tentunya menjadi perbincangan masyarakat saat bertugas. Mereka akan bertugas selama pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia bersama anggota lainnya.

Berikut profil tiga anggota Paskibraka 2020:

1. Indrian Puspita Rahmadhani

Paskibraka Indrian Puspita Rahmadhani adalah siswa SMAN 1 Bireun, Aceh, yang prestasinya menjadi kebanggaan sekolah. Dikutip dari situs sekolah tersebut, prestasi siswi kelahiran 2003 ini menjadi kebanggaan sekolah, keluarga, dan wilayah asalnya. Indrian adalah wakil Bireun setelah delapan tahun absen dari susunan anggota tim Paskibraka 2020.

2. Sylvia Kartika Putri

Sama seperti Indrian, prestasi Sylvia Kartika Putri dari SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumatera Utara, juga menjadi kebanggaan keluarga dan lingkungannya. Dikutip dari laman Facebook sekolahnya, Sylvia bertugas sebagai pendamping pembawa baki duplikat bendera pusaka di Paskibraka 2019. Prestasi Sylvia juga mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Pematangsiantar.

3. Dhea Lukita Andriana

Profil Paskibraka 2020 Dhea Lukita Andriana bisa dikulik di akun Instagramnya dhealkt_, yang juga mengunggah sejumlah foto dan video. Salah satu highlight Instagramnya adalah kegiatannya saat menjadi anggota Paskibraka 2019 berjudul Merah Putih. Foto siswa SMAN 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur, dalam seragam Paskibraka juga bisa dilihat di Instagramnya.

(row/pal)