Detik-detik Penyelam Wanita WN Amerika Hilang di Perairan Ambon

Muslimin Abbas - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 17:10 WIB
Tim SAR gabungan masih mencari WN Amerika yang hilang di perairan Ambon.
Tim SAR gabungan masih mencari WN Amerika yang hilang di perairan Ambon. (Muslimin/detikcom)
Ambon -

Warga negara (WN) Amerika Serikat (AS), Carol Marie Laiken (56), hilang di Perairan Amahusu, Kota Ambon, sejak kemarin. Tim gabungan penyelam wilayah memperluas pencarian.

Pantauan di lapangan, Sabtu (8/8/2020), pencarian yang dilakukan tim gabungan penyelam dari Basarnas hingga TNI AL dipantau oleh suami korban, Kevin Scott Pool.

"Untuk pencarian hari ini dilaksanakan sampai pada pukul 18.30 WIT dan hari ini kita lakukan pencarian di bagi tiga tim penyelam, tim penyelam pertama sudah naik pukul 11.00 WIT dan dilanjutkan lagi. Insyaallah rencana pencarian ini kita perluas 200 meter dari lokasi kejadian hilang," kata Kepala Basarnas Ambon Djunaidi.

Djunaidi mengatakan pencarian penyelam asal AS itu telah diketahui pihak Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta dan Basarnas Pusat. Keluarga juga sudah dihubungi.

"Dari pihak keluarga cuma via telepon saja karena dari Amerika dan kedutaan kita sudah hubungi dari kedutaan di Maluku dan Basarnas pusat pun sudah hubungi," ujarnya.

Carol Marie hilang pada Jumat (7/8) pukul 09.00 WIT saat air laut pasang dan arus di perairan Amahusu kuat.

"Si suaminya sudah turun (penyelam) duluan dan menganggap istrinya di atas sudah persiapan untuk turun ke kedalaman 35 meter untuk mensurvei keadaan laut di bawah, namun pada saat itu suami melihat ke atas ternyata istrinya belum turun menjemput ke atas ternyata Marie sudah hilang tidak ada di kapal dan tidak ada di permukaan air," paparnya.

(idh/idh)