Tetap Gelar Sidang Tahunan Saat Pandemi, HNW: MPR Makin Kredibel

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 14:44 WIB
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid hadiri Muktamar IX Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam di Bandung. Di hadapan ratusan peserta, HNW turut berikan sosialisasi
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menegaskan pelaksanaan sidang tahunan pada tanggal 14 Agustus 2020 akan meningkatkan kredibilitas MPR RI sebagai salah satu lembaga legislatif. Pasalnya, MPR tetap melaksanakan amanat Peraturan Tata Tertib MPR untuk menggelar sidang tahunan meski pandemi Corona.

Sebagai salah satu lembaga pembuat aturan, MPR menjalankan aturan yang telah dibuat. Ini juga menjadi hal penting bagi masyarakat untuk melaksanakan seluruh undang-undang yang dibuat oleh lembaga legislatif. Menurutnya, konsistensi ini akan meningkatkan kredibilitasnya di masyarakat nantinya.

"Bagaimana MPR akan mengajak masyarakat selalu tunduk, patuh dan taat menjalankan UU, jika MPR saja tidak melaksanakan aturan dalam Peraturan Tata Tertibnya sendiri. Dan itu membuat MPR makin dipercaya serta kredibel di mata masyarakat. Termasuk pada saat pandemi Corona, asal tetap melaksanakan protokol kesehatan," ujar HNW dalam keterangannya, Sabtu (8/8/2020).

Hal tersebut disampaikan HWN dalam acara Media Expert Meeting yang digelar virtual kemarin. Acara yang merupakan pertemuan dengan para media tersebut membahas tema Sidang Tahunan MPR 'Konvensi Ketatanegaraan Dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara'.

Dalam acara tersebut, HNW mengatakan Sidang Tahunan MPR bukanlah sekadar acara rutinitas. Pasalnya, mulai tahun 2020 semua ketua lembaga negara akan langsung menyampaikan laporan kinerjanya, bukan sebagai laporan pertanggungan jawab pada MPR melainkan laporan kinerja pada rakyat.

HNW juga menjelaskan pelaksanaan sidang Tahunan di masa pandemi Corona juga menunjukkan tekad bangsa Indonesia untuk terus menjaga NKRI. Menurutnya, demi bangsa dan negara, MPR tidak takut menyelenggarakan sidang meskipun di tengah pandemi Corona.

"Semua dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, untuk menghindari penyebaran virus Corona", pungkasnya.

(prf/mpr)