Jelang Pengukuhan Prabowo Jadi Ketum, Begini Suasana KLB Gerindra di Hambalang

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 09:52 WIB
Suasana KLB Gerindra di Hambalang
Foto: Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom
Bogor -

Partai Gerindra hari ini menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Sejumlah kader pun sudah hadir di lokasi acara.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (8/8/2020), sebelum masuk ke area kongres, seluruh peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker hingga mencuci tangan. Tak hanya itu, seluruh yang hadir juga diwajibkan mengikuti rapid test yang telah disiapkan oleh panitia.

Para peserta yang mengenakan kemeja putih dan celana cokelat khas Gerindra itu terlihat mengantre untuk mengikuti rapid test. Setelah menjalani rapid test, peserta dibawa menggunakan mobil ke area KLB.

Sementara itu, sejumlah pejabat Partai Gerindra sudah hadir. Mulai dari Wakil Ketua Umum Gerindra Edhi Prabowo, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco, hingga adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

Suasana KLB Gerindra di Kediaman PrabowoSuasana KLB Gerindra di Kediaman Prabowo (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)

Berdasarkan informasi yang diterima dari panitia, KLB Gerindra akan dimulai pukul 10.00 WIB. Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan KLB Gerindra tahun ini digelar secara fisik. Peserta yang hadir pun dibatasi hanya 200 orang.

"Ini kan kongres semi virtual dan fisik ya, sekitar 80 persen virtual, sisanya kita fisik yang hadir di sini. Mungkin di bawah 200 oranglah," ujar Habiburokhman di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8).

Tonton juga 'Lewat Kongres Virtual Prabowo Akan Dikukuhkan Pimpin Gerindra Lagi':

[Gambas:Video 20detik]

Habiburokhman mengatakan agenda KLB tersebut akan membahas agenda pilkada serentak 2020. Menurutnya, hal itu perlu dikonsolidasikan dengan seluruh DDP Gerindra se-Indonesia.

"Ini kan konsolidasi besar pertama pasca-Pemilu 2019, apalagi nanti akan ada pilkada serentak 2020 di Desember, makanya kongres luar biasa itu dimajukan di bulan-bulan ini supaya kita bisa berkonsolidasi di seluruh Indonesia, agendanya antara lain akan membahas konsolidasi politik pembangunan partai kita saat ini dan lima tahun yang akan datang termasuk evaluasi yang kemarin," katanya.

Seperti diketahui, Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra digelar hari ini. Ada yang istimewa karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan 'hadir' secara virtual.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan KLB akan dibuka oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Kongres akan dihadiri seluruh pimpinan DPD Partai Gerindra, Dewan Pembina, Dewan Pimpinan Pusat (sebagian secara daring), dan dewan pimpinan cabang tingkat kabupaten/kota, termasuk anggota DPRD kota/kabupaten/provinsi secara virtual atau daring dengan tetap mengikuti peraturan protokol kesehatan COVID-19.

Agenda KLB Gerindra adalah mendengarkan laporan pertanggungjawaban dewan pimpinan pusat dan pemandangan umum. Setelah itu, Prabowo akan kembali ditetapkan menjadi ketum.

(maa/maa)