Sebelum Semarang, Walkot Bengkulu Pelopori Alphard-nya untuk Pengantin

Hery Supandi - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 15:03 WIB
Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)
Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga. (Foto: Istimewa)
Bengkulu -

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengunggah foto-foto pasangan pengantin baru yang menggunakan mobil dinasnya saat acara pernikahan. Sebelum Hendrar, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan ternyata telah mempelopori peminjaman mobil dinas Wali Kota untuk pernikahan warga.

Program bernama HD (Harapan dan Doa) Oto ini telah dimulai sejak April 2019. Warga kurang mampu yang hendak menikah diberi fasilitas peminjaman mobil dinas Wali Kota secara gratis untuk mengantarkan calon mempelai ke lokasi pernikahan.

Helmi bercerita, program tersebut diluncurkannya setelah mendengar cerita warga yang mengalami kesulitan saat hendak menikah. Helmi pun berinisiatif mengizinkan mobil dinasnya untuk keperluan acara pernikahan warga.

"Curhatan warga inilah yang membuat saya berinisiatif dan warga inilah yang pertama menikah menggunakan mobil dinas," ujar Helmi, Kamis (6/8/2020).

Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga. (Foto: Istimewa)

Dia mengatakan mobil dinas Wali Kota yang bisa digunakan warga berjenis Toyota Alphard. Mobil itu tetap menggunakan pelat merah BD-1-A. Selain itu, ada mobil dinas BD-2-A berjenis Toyota Fortuner yang bisa digunakan warga.

"Bahagia itu ketika masyarakat menginginkan sesuatu dan pemerintah mampu mewujudkan ataupun memfasilitasi keinginannya masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan warga yang hendak menggunakan mobil dinasnya haruslah yang sudah cukup usia untuk menikah. Peminjaman bisa dilakukan dengan menghubungi nomor yang tertera di situs resmi Pemko Bengkulu.

"Tidak ada syarat khusus cukup dia warga Kota Bengkulu yang telah cukup usianya untuk menikah," kata Helmi.

Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga. (Foto: Istimewa)

Ada 65 pasangan pengantin yang telah menggunakan program ini. Warga yang ingin menggunakan program HD Oto juga bisa menghubungi Dinas Kominfo Kota Bengkulu.

(haf/tor)