Warga Diminta Berdiri Tegak-Sikap Sempurna di 17 Agustus, Begini Teknisnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 12:55 WIB
Upacara pengibaran bendera merah putih di kawasan Gunung Slamet.
Ilustrasi bendera Merah-Putih. (Foto: detikcom)
Jakarta -

Masyarakat diminta mengambil sikap sempurna serta berdiri tegak selama 3 menit pada peringatan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus pukul 10.17 WIB. Pihak Istana Kepresidenan menjelaskan teknis pelaksanaannya di wilayah dengan zona waktu di luar WIB atau GMT +7.

"Misalnya beda (waktu) 2 jam di timur berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu. Bagaimana dengan mereka yang di luar negeri? Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, jika itu memungkinkan, waktunya hanya beda 3, 4, 5 jam, wajib untuk mengikuti," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers peringatan HUT ke-75 RI yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Heru mengatakan, warga negara Indonesia yang berada di zona waktu dengan selisih yang cukup jauh, misal beda 10 jam dari zona WIB, tidak diwajibkan untuk berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna.

"Tentunya kalau waktunya beda 10 jam, di sana malam hari, tentunya tidak bisa. Tapi kalau hanya beda 2 jam, misalnya Singapura, Malaysia, Australia, warga negara (Indonesia) wajib mengikuti itu," kata Heru.

Kasetpres Heru Budi HartonoKasetpres Heru Budi Hartono. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sedangkan untuk di daerah, Heru mengimbau Pemda setempat menyiapkan infrastruktur pendukung seperti mobil milik dinas setempat yang memiliki sirene serta ditempatkan di titik-titik strategis. Sehingga saat bendera merah-putih dikibarkan di Istana pukul 10.17 WIB, sirene dibunyikan dan masyarakat menghentikan sejenak aktivitasnya untuk berdiri dan sikap sempurna.

"Mobil Dinas Perhubungan bisa dimanfaatkan, mobil Dinas Kebersihan, mobil patroli kepolisian, baik itu TNI/Polri, semua bisa disiapkan di semua titik-titik strategis, di pasar, di perempatan jalan. Sehingga pada pukul 10.17 WIB, mereka bisa mendengarkan sirene yang disiapkan pemerintah daerah. Mengacunya bagaimana? Pukul 10.17 saat bendera itu dikibarkan," kata Heru.

Tonton video 'Masyarakat Diminta Berdiri Tegak Pada 17 Agustus Pukul 10.17 WIB':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3