Jerinx Dicecar 13 Pertanyaan soal Postingan 'IDI Kacung WHO'

Angga Riza - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 12:46 WIB
Jerinx usai diperiksa di Polda Bali
Foto: Angga Riza/detikcom
Denpasar -

Jerinx 'SID' diperiksa Polda Bali terkait laporan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) soal dugaan pencemaran nama baik. Jerinx dicecar 13 pertanyaan.

"Tadi klien kami Jerinx diperiksa ada sebanyak kurang-lebih 13 pertanyaan terkait dengan posting-an di akun Instagram dengan @jrxsid tertanggal 13 Juni 2020 dan posting-an tertanggal 15 Juni 2020," kata pengacara Jerinx, I Wayan Gendo Suardana, kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Lebih lanjut Gendo mengklarifikasi tidak ada maksud dari Jerinx untuk menyebarkan kebencian terhadap dokter dan tenaga medis. Gendo mengungkap unggahan Jerinx tersebut merupakan sebuah kritik.

"Terhadap itu tadi sudah dijelaskan bahwa pertama tidak ada kebencian terhadap dokter secara pribadi terhadap tenaga kesehatan maupun kebencian terhadap IDI," imbuh Gendo.

"Bahwa apa yang dilakukan yang dijelaskan tadi yang dilakukan itu adalah dalam rangka kritik berharap besar justru berharap besar agar karena IDi satu satunya yang dijawab tadi ya IDI adalah organisasi profesi kedokteran di Indonesia yang diakui oleh undang-undang," jelas Gendo.

Gendo menjelaskan Jerinx mengkritik sejumlah kebijakan yang dinilai terlalu menyusahkan masyarakat. Apalagi sampai menimbulkan korban jiwa karena rumitnya kebijakan protokol kesehatan itu.

"Sehingga pada saat mem-posting tentang IDI itu adalah situasinya ada ibu hamil yang kemudian diwajibkan rapid test sebagai syarat pelayanan oleh karena itu kemudian kerugian-kerugian, termasuk ada yang meninggal sehingga itu tadi yang dijelaskan membuat kerugian dan akhirnya pertanyaannya ke para IDI karena itu bagian dari IDI. IDI adalah punya kekuatan penuh untuk mengubah kebijakan lebih baik gitu itu aja sih," lanjut Gendo.

Sementara itu, Gendo menegaskan kata kacung yang dipermasalahkan di posting-an Jerinx, hanya sebuah tafsir. Menurutnya, arti kata 'kacung' yang dimaksud adalah pelayan.

"Kata kacung itu soal tafsir saja bukan apa namanya karena kacung itu kan istilahnya bukan budak belian gitu ya, kacung itu ya pelayan dalam KBBI jadi sebetulnya tafsirnya itu bukan sebagai budak belian, IDI itu ya diharapkan adalah memang tidak hanya ikut agenda agenda WHO gitu, itu sih prinsipnya yang tadi ya," tegas Gendo.

Jerinx 'SID' diperiksa di dalam ruangan Ditreskrimsus Polda Bali sekitar 2 jam. Jerinx mengenakan celana hitam dan kaus hitam bertulisan 'Indonesia Tolak Rapid'.

Jerinx dilaporkan IDI Bali karena materi posting-an IG-nya pada 13 Juni. Posting-an IG akun @jrxsid itu bisa dilihat di bawah ini:

Jerinx Dipolisikan IDI karena 'Kacung WHO', Pengacara: Pahami Secara UtuhAngga RizaDenpasar - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali melaporkan Jerinx SID dengan tuduhan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik terkait postingan 'IDI kacung WHO'. Kuasa hukum Jerinx meminta postingan itu dipahami secara utuh.Foto: Screenshot IG @jrxsid

Posting-an itu dilengkapi caption:

BUBARKAN IDI! Saya gak akan berhenti menyerang kalian @ikatandokterindonesia sampai ada penjelasan perihal ini! 🐖

Rakyat sedang diadu domba dengan IDI/RS? TIDAK. IDI & RS yg mengadu diri mereka sendiri dgn hak-hak rakyat.

(isa/isa)