Sosialisasi Ganjil Genap Diperpanjang hingga Besok, Tilang Belum Diterapkan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 06:59 WIB
Petugas kepolisian gelar sosialisasi pelaksanaan ganjil-genap di Bundaran HI, Jakarta. Diketahui, ganjil-genap kembali diberlakukan mulai Senin (3/8) besok.
Ilustrasi sosialisasi penerapan ganjil genap (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sosialisasi penerapan kebijakan ganjil-genap diperpanjang. Sosialisasi akan diberlakukan hingga 7 Agustus 2020 mendatang.

"Iya, rencana hari ini ada giat publikasi masa perpanjangan sosialisasi gage (ganjil genap) dan evaluasi sosialisasi gage oleh Dirlantas PMJ di Bundaran Senayan jam 07.30 WIB," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Informasi perpanjangan sosialisasi hingga 7 Agustus itu juga disampaikan akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya. Namun, tak dijelaskan alasan perpanjangan sosialisasi ganjil-genap ini.

"Sosialisasi Kawasan Pembatasan Kendaraan Bermotor dengan cara ganjil genap diperpanjang hingga tanggal 7 Agustus 2020," cuit akun Twitter TMC Polda Metro Jaya.

Sebelumnya diberitakan, sosialisasi kebijakan ganjil-genap untuk mobil pribadi di Jakarta berlangsung pada 3-5 Agustus 2020. Tilang untuk pelanggar ganjil genap sedianya berlaku mulai 6 Agustus 2020 atau hari ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya hanya akan memberlakukan teguran lisan di 3 hari pertama. Namun polisi masih tetap memberhentikan mereka yang melanggar.

"Untuk melaksanakan penindakan pelanggaran tersebut, maka kami sampaikan bahwa selama 3 hari ini kami akan melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu, artinya Senin, Selasa, Rabu, kita belum akan melakukan penindakan dengan tilang, baik secara manual maupun secara e-TLE," kata Sambodo kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8).

"Untuk hari Kamis-nya berbarengan dengan selesainya Operasi Patuh selesai tanggal 5, di hari Kamis-nya tanggal 6 Agustus, baru kita akan melaksanakan penindakan terhadap kendaraan yang melanggar peraturan ganjil-genap ini, baik secara manual maupun secara elektronik," tuturnya.

Ganjil genap berlaku pada Senin hingga Jumat, pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Ganjil genap diberlakukan di 25 ruas jalan di DKI.

Tonton video 'Ini Alasan Pemprov DKI Kembali Berlakukan Ganjil-Genap di Masa PSBB':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2