Menhan AS Telepon Prabowo, Bahas Kerja Sama Militer di Masa Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 20:51 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto (Dok. detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Mark T Esper berbincang dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto lewat sambungan telepon. Keduanya membahas kerja sama militer di masa pandemi COVID-19.

Hal tersebut berdasarkan keterangan tertulis di situs resmi Departemen Pertahanan AS, defense.gov, pada Selasa (4/8/2020) seperti dikutip detikcom, Rabu (5/8). Esper dan Prabowo juga berbicara mengenai keamanan kawasan maritim.

"Hari ini, Menteri Pertahanan Dr Mark T Esper berbicara lewat telepon dengan mitranya dari Indonesia, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, untuk membahas kerja sama militer AS dan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Menteri Esper dan Menteri Prabowo berdiskusi terkait keamanan maritim, pengadaan alat pertahanan, dan latihan militer. Menteri Esper dan Menteri Prabowo menyampaikan keinginan mereka untuk bertemu langsung," demikian pernyataan tertulis dari Departemen Pertahanan AS.

Dalam perbincangan tersebut, Prabowo juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan ventilator yang diberikan oleh AS.

"Kedua pemimpin menyatakan keprihatinan terhadap mereka yang terkena dampak COVID-19 di Amerika Serikat dan Indonesia. Menteri Prabowo berterima kasih kepada rakyat Amerika karena telah menyediakan ventilator dan $ 12,3 juta dana bantuan COVID untuk Indonesia," lanjut keterangan dari Departemen Pertahanan AS.

Sebelumnya, Menlu AS Michael Richard 'Mike' Pompeo dan Menlu Retno Marsudi juga sempat berbincang lewat sambungan telepon pada Senin (3/8). Dalam perbincangan tersebut, Pompeo membahas mengenai isu Laut China Selatan.

Deplu AS juga menjelaskan, Pompeo dan Retno menyoroti pentingnya peningkatan kerja sama bidang kesehatan serta ekonomi.

(knv/imk)