3 Jaksa Agung Muda Diganti Termasuk Jaksa Bidang Intelijen

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 19:34 WIB
Kejaksaan Agung
Gedung Kejaksaan Agung / Foto: Ari Saputra
Jakarta -

3 Jaksa Agung Muda diganti. Mereka yang diganti adalah Jaksa Agung Muda bidang Intelijen (Jamintel) Jan Maringka, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) Sunarta, dan Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan (Jamwas) M Yusni.

Pergantian ini berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 134/TPA Tahun 2020 tanggal 30 Juli 2020 tentang Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung RI.

Berikut isi dari Keppres tersebut:

1. Amir Yanto diangkat sebagai JAM Pengawasan
2. Sunarta diangkat sebagai JAM Intelijen
3. Fadil Zumhana diangkat sebagai JAM Pidana Umum .
4. Jan Samuel Maringka diangkat sebagai Staf Ahli Jaksa Agung RI Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

"Mutasi atau rotasi jabatan tersebut melalui proses mekanisme yang cukup lama dan baru pada akhir bulan Juli 2020 diputuskan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) Eselon I (satu), sehingga kemudian diterbitkan Keppres tersebut di atas," kata Kapuspenkum Hari Setiyono, Rabu (5/8/2020).

Sebelumnya, salinan Keppres ini sudah lebih dahulu beredar. Salah satu yang disorot adalah penggantian Jamintel Jan Maringka.

Dalam Kepres tersebut belum diketahui alasan mengapa Jan Maringka digeser dari posisinya sebagai Jamintel. Belum lama ini, Kejagung melakukan pencopotan terhadap jaksa Pinangki Sinar Malasari dari jabatannya karena diduga melakukan pelanggaran terkait foto pertemuannya dengan Djoko Tjandra dan pengacaranya.

(imk/imk)