Sujud Tilawah: Tata Cara dan Bacaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 17:28 WIB
One day One Hadits sholat malam tarawih
Sujud tilawah. Foto: Tim Infografis detikcom
Jakarta -

Sujud tilawah adalah sujud yang dikerjakan karena membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah di dalam sholat maupun di luar sholat. Sujud tilawah disebut juga dengan sujud bacaan.

Dalam buku 'Kitab Shalat Empat Mazhab' oleh Syakh Abdurrahman Al-Jaziri, bagi ketiga imam mazhab mengatakan bahwa sujud tilawah hukumnya sunnah bagi orang yang membaca atau mendengar ayat tersebut. Namun ulama mahzab Hanafiah menyatakan bahwa hukum sujud tilawah itu wajib bagi orang yang membaca dan mendengar bacaan ayat Sajdah.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari Ibnu Umar berkata: Rasulullah SAW membacakan Al-Qur'an untuk kami. Apabila melalui ayat sajdah beliau langsung takbir dan sujud, dan kami pun sujud bersama beliau. (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika anak Adam membaca ayat sajdah lantas sujud, maka menyingkirlah setan sambil menangis dan berkata, "Celakalah diriku, ia (Anak Adam) diperintahkan sujud dan ia patuh lalu sujud, maka baginyalah surga. Sedang aku sendiri diperintahkan untuk bersujud namun aku menolak, maka untukku neraka." (HR. Muslim, dan Ibnu Majah dalam Nashbur Roayah Volume 2 halaman 178).

Berikut ini tata cara sujud tilawah yang bisa dilakukan:

1. Di dalam Sholat


Jika saat kita sholat dan membaca ayat sajdah, maka kita hendaknya langsung sujud tanpa melakukan rukuk dan i'tidal lebih dulu. Setelah membaca doa atau bacaan sujud tilawah selesai, sebaiknya kembali ke posisi berdiri seperti semula dan melanjutkan sholat.

Jika dalam sholat berjamaah makmum mendengar bacaan ayat sajdah dicakan, maka makmum tidak boleh melakukan sujud tilawah jika imam tidak melakukannya. Sebaliknya, jika imam melakukannya, maka makmum harus ikut melakukannya juga.

2. Di Luar Sholat


Segeralah bertakbir lalu sujud sebanyak satu kali, kemudian bertakbir lagi untuk bangun dari sujud. Bisa juga langsung sujud sebagaimana sujud dalam sholat tanpa didahului dengan takbir.


Bacaan Ketika Sujud Tilawah


سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Arab-Latin: "Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam'ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin."

Artinya: " Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta". (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan nasa'i).

(lus/erd)