Tolak Isolasi Mandiri, Positif COVID-19 Asal Sidrap Sulsel Kabur ke Jeneponto

Hasrul Nawir - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 14:43 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono-detikcom).
Sidrap -

Seorang pasien positif virus Corona (COVID-19) yang baru saja selesai melahirkan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), menolak untuk diisolasi mandiri. Pasien tersebut diketahui kabur bersama suaminya ke Jeneponto.

"Karena suami pasien tak menyetujui istrinya dibawa ke Makassar untuk isolasi mandiri, akhirnya mereka melarikan diri ke tempat asal suaminya di Jeneponto," ujar Kepala Desa Desa Passeno, Sidrap, Andi Nurmi, Rabu (5/8/2020). Pasangan suami-istri itu merupakan warga Desa Passeno.

Pasien positif COVID-19 tersebut baru saja melahirkan beberapa hari lalu dan dinyatakan positif COVID-19 menurut hasil swab.

Dihubungi terpisah, jubir Satgas Penanganan COVID-19 Sidrap Ishak Kenre mengatakan pihaknya telah meminta pasien melakukan isolasi mandiri di Makassar.

"Dua hari yang lalu sudah diisolasi mandiri oleh Pukesmas Baranti dan pasien setuju menjadi duta COVID-19 (diisolasi di Makassar), kita urus administrasinya. Ternyata informasinya sudah berangkat ke Jeneponto," kata Ishak.

Ishak mengatakan pihaknya sudah melaporkan kaburnya pasien positif COVID-19 tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Jeneponto. Hal ini agar pasien tersebut segera diawasi dan diberi edukasi agar tetap menjalani isolasi mandiri.

"Kami sudah berkoordinasi dengan tim surveillance di Kabupaten Jeneponto agar memberikan pengawasan dan edukasi kepada pasien dan keluarga," tuturnya.

Tonton video 'Erick Thohir Yakin 500 Juta Vaksin Corona Diproduksi Tahun Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)