Hamka Ditangkap Usai 2 Kali Curi Traktor Petani, Rekannya Dicari Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 17:54 WIB
Lomba traktor tangan di banyuwangi
Ilustrasi traktor sawah (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Wajo -

Seorang pria di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Hamka (30), ditangkap polisi karena mencuri mesin traktor di kolong rumah warga. Hamka tertangkap setelah menjalankan aksinya yang kedua kalinya.

"Hamka sudah dua kali mencuri traktor petani," ucap Kasat Reskrim Polres Wajo AKP Muhammad Warpa kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).

Hamka diringkus polisi saat berada di wilayah Kecamatan Keera, Wajo, pada Senin (3/8) malam. Kepada polisi, dia mengakui aksinya mencuri traktor sehari sebelumnya, yakni pada Minggu (2/8) sekitar pukul 03.00 Wita. Akibatnya, korban melapor ke polisi.

"Terlapor mengambil mesin traktor milik korban yang disimpan di bawah kolong rumah kayu di daerah persawahan," terang Warpa.

Dia mengatakan, Hamka telah 2 kali menjalankan aksinya dan selalu menjual traktor curiannya untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari. Saat menjual, Hamka menyuruh seorang rekannya yang hingga kini masih buron.

"Adapun hasil curiannya berupa mesin traktor tersebut telah dijual oleh lelaki Munde yang masih dalam pencarian," terang Warpa.

"Jadi traktor itu dijual rencananya dia untuk kebutuhan sehari-hari," pungkas Warpa.

(jbr/jbr)