50 ASN Pemkab Gorontalo Positif COVID-19, Bupati Berlakukan Kerja dari Rumah

Ajis - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:04 WIB
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo (Ajis/detikcom)
Gorontalo -

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberlakukan sistem kerja dari rumah untuk dua pertiga ASN yang bertugas di Pemkab Gorontalo. Kebijakan ini dibuat setelah 50 ASN Pemkab Gorontalo dikonfirmasi positif virus Corona (COVID-19).

Kebijakan bekerja dari rumah untuk dua pertiga ASN ini akan berlaku selama 5 hari, terhitung mulai Senin (3/8) hingga Jumat (7/8) mendatang.

"Kami juga mengeluarkan kebijakan meliburkan staf Pemda Gorontalo. Di kantor itu kita liburkan dua pertiga dari pegawai, tinggal sepertiga yang ada di kantor," ujar Nelson di Gorontalo, Selasa (4/8/2020).

Nelson menegaskan tidak seluruh pegawai Pemkab Gorontalo bekerja dari rumah. Masih ada sepertiga ASN yang bekerja dan melayani masyarakat.

"Kita harapkan dua pertiga yang bekerja di rumah melakukan koordinasi terus dengan pimpinan dan sepertiga yang lain melayani masyarakat. Sehingga jangan sampai kantor kita lumpuh pelayanan, tidak ada dan itu sudah saya buat edaran," katanya.

Nelson mengungkapkan kasus COVID-19 di Gorontalo dalam 2 pekan terakhir bertambah dari klaster Limboto, di mana pusat pemerintahan Pemkab Gorontalo ada di Limboto. Untuk itu, dilakukan langkah pencegahan agar kasus COVID-19 tidak terus menyebar di Pemkab Gorontalo.

"Pertama, menyemprot semua gedung pemerintahan dengan disinfektan. Yang kedua, saya melakukan deteksi dini melalui uji swab kepada seluruh staf saya, dan ternyata aparat saya ada lebih-kurang lima puluh benar-benar positif COVID-19, dari 300 lebih eselon II dan III, bahkan eselon IV," paparnya.

Sementara itu, 50 ASN yang dikonfirmasi positif COVID-19 melalui swab tersebut sudah diliburkan dan diminta menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Sambil kita berikan imun atau vitamin dan makanan tambahan bagi mereka yang isolasi mandiri. Dan dilakukan tes setiap hari oleh tim medis dari puskesmas setempat," tuturnya.

ASN yang tetap bekerja di kantor diminta tidak resah dan tetap menjaga daya tahan tubuh.

"Kabupaten Gorontalo tetap jalan pemerintahannya, pelayanan tetap jalan. Silakan warga datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan, walaupun orang-orang terbatas. Boleh juga melalui sistem online yang sudah kita siapkan," imbuhnya.

(nvl/nvl)