Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Sama dengan Negara Mana?

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 11:49 WIB
Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Upacara peringatan HUT ke-74 RI pun digelar di berbagai daerah di Indonesia.
Foto: Antara Foto/Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Sama dengan Negara Mana?
Jakarta -

Tanggal 17 Agustus ternyata tidak hanya menjadi hari kemerdekaan Indonesia yang biasanya dirayakan dengan cara unik. Hari kemerdekaan serupa juga dimiliki negara lain saat meraih kedaulatannya sendiri.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, hari kemerdekaan Indonesia ternyata sama dengan Gabon yang berhasil membebaskan diri dari pendudukan Prancis. Hari kemerdekaan Gabon adalah 17 Agustus 1960.

"Pada 1958, Gabon menjadi republik otonomi di antara French Community. Selanjutnya setelah melalui perundingan dengan Prancis, Gabon meraih kemerdekaannya pada 17 Agustus 1960," tulis Encyclopedia Britannica dilihat detikcom pada Selasa (4/8/2020).

Sejak menjadi negara sendiri yang tanggalnya sama dengan hari kemerdekaan Indonesia, Gabon telah dipimpin tiga presiden. Era Presiden Omar Bongo mencapai lebih dari empat dekade sebelum akhirnya meninggal pada 2009.

Selama dipimpin Presiden Omar Bongo, Gabon mempertahankan hubungan yang dekat dengan Prancis lewat sistem yang disebut Francafrique. Gabon menerima bantuan politik dan militer sebagai ganti kemudahan urusan bisnis di negara tersebut.

Namun hubungan ini berubah sejak Gabon dipimpin Presiden Ali Ben Bongo Ondimba, yang merupakan anak Omar Bongo. Prancis mencurigai adanya korupsi hingga melakukan investigasi jangka panjang terhadap aset keluarga.

Gabon dengan tanggal ulang tahun sama dengan hari kemerdekaan Indonesia adalah salah satu produsen minyak utama di dunia. Namun data World Bank, dikutip dari BBC menyatakan, sepertiga penduduk Gabon berada dalam kemiskinan.

Negara Gabon, belakangan menjadi sorotan karena sosok pemain sepakbola Pierre-Emerick Aubameyang yang membela Arsenal. Sebagai kapten Arsenal dan tim sepakbola Gabon, Aubameyang membuktikan ketajamannya di lapangan hijau.

Aubameyang membantu Arsenal meraih Piala FA pada laga yang digelar Sabtu (1/8/2020) malam. Pada laga yang digelar di Wembley Stadium tersebut, Aubameyang membuat dua gol yang membuat Arsenal unggul atas Chelsea takluk dengan skor 1-2.

"Suatu kehormatan untuk Gabon," ujar ayah Aubameyang, Pierre-Francois Aubameyang, dalam pesan yang dikirim untuk puteranya usai memenangkan piala FA.

(row/erd)