Siswa di DKI Jakarta Kesulitan Hadapi PJJ, Anies Didesak Sediakan Wifi Gratis

Muhammad Ilman Nafi - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 10:52 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyediakan Wifi gratis di kawasan kumuh padat penduduk. Anies diminta membantu para siswa yang kesulitan menghadapi pembelajaran jarak jauh atau daring di tengah pandemi COVID-19.

"Ini menjadi persoalan baru, karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Tetapi, ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," kata anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Lukmanul Hakim, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/8/2020).

Lukmanul Hakim mengatakan penyediaan Wifi gratis di kawasan kumuh itu penting lantaran tidak semua orang tua mampu menyediakan paket internet untuk anaknya. Menurutnya, para orang tua yang tinggal di kawasan kumuh itu hanya berpikir bagaimana bisa mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari.

"Jadi, orang itu nggak mikir lagi sakitnya, tapi mikir bagaimana mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari yang menjadi problem," katanya.

Lukman mengatakan Wifi gratis itu bisa dipasang di pos RW atau Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Menurutnya, Wifi gratis itu mendorong para siswa dari keluarga kurang mampu untuk belajar.

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, Wifi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," ujar Lukman.

"Saya di Komisi A akan fokus untuk memperjuangkan bagaimana Wifi di masyarakat bisa gratis," lanjutnya.

(maa/maa)