Viral Pawang Aniaya Monyet di Jaktim, Satpol PP Turun Tangan

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 06:52 WIB
Kelapa Thailand yang Dipetik Monyet
ilustrasi monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Sebuah video yang menunjukan aksi pemukulan monyet oleh pawangnya sendiri viral di media sosial. Diketahui, kejadian itu terjadi di Jakarta Timur.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Timur Budhy Novian mengkonfirmasi adanya aksi penganiayaan itu. Pihaknya, kata Budhy, memperoleh laporan adanya pemukulan monyet, kemarin (3/8).

"Pagi kita cek TKP-nya, tapi (pelaku) memang nggak yang bersangkutan yang kebetulan lagi nggak ada, cuma ada anggota keluarga (pelaku) yang lain," ujar Budhy ketika dihubungi, Selasa (4/8/2020).

Dari keterangan para saksi, pelaku memukul monyetnya sendiri untuk dilatih agar menurut saat beratraksi. Belum diketahui sudah berapa lama aksi pemukulan itu terjadi.

"Latihannya memang begitu, jadi si monyet itu harus dikosongkan (pikirannya) gitu, monyet kan ganas liar, dikosongkan dulu pikiran-pikirannya, baru diisi pelatihan keterampilan," imbuh Budhy.

Satpol PP menindaklanjuti adanya aksi pemukulan itu. Budhy menyebut monyet-monyet tersebut kini sudah dikarantina.

"Sudah ditindak lanjuti tadi malam, 5 ekor monyet di karantina," kata Budhy.

"Monyetnya di karantina ke Ragunan," lanjutnya.

Dalam video yang beredar, tampak sang pawang yang mengenakan kaos berwarna merah menarik tali yang terikat di leher monyet. Ketika sudah dalam genggaman, monyet tersebut dipukul.

Kemudian monyet tersebut terjatuh. Pawang itu juga sempat menendang monyet itu hingga terhuyung.

Monyet itu berlari kesana-kemari mengelilingi pawang. Namun karena lehernya terikat tali, monyet tak bisa kemana-mana. Pukulan demi pukulan terus mendarat ke tubuh monyet.

Lihat postingan ini di Instagram

Satpol PP Kelurahan Jatinegara Kec. Cakung Kota Adm Jakarta Timur. Menindaklanjuti Laporan warga tentang Pemukulan Hewan oleh Pelaku Usaha Topeng Monyet. Hasil: - Pemilik usaha Topeng Monyet dihimbau agar tidak melakukan Pemukulan terhadap Hewan/ Monyet yang digunakan untuk usaha mencari rejeki. - Pemilik usaha membuat Pernyataan bermeterai, yang menyatakan Tidak lagi melakukan penyiksaan atau Pemukulan terhadap Hewan. - Ketua RT 05/14 Kel. Jatinegara akan melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap warganya/ pelaku usaha Topeng Monyet agar tidak terulang . . Makasih pak satpol pp kelurahan jatinegara atas responnya setidaknya ada efek jera buat mereka... . . Follow :@cetul22 Follow :@cetul22 Follow :@nusa.ntara20 Follow :@nusa.ntara20

Sebuah kiriman dibagikan oleh cetul22 (@cetul22) pada 3 Agu 2020 jam 2:08 PDT

(isa/dkp)