Round-Up

Geger Ledakan di Gudang Senjata Mako Brimob Sumsel Ternyata Petasan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 21:03 WIB
Ledakan di Mako Brimop Polda Sumsel
Ledakan di Mako Brimob Polda Sumsel (Foto: Istimewa)
Palembang -

Sebuah ledakan di gudang senjata di Mako Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) bikin geger. Ternyata ledakan tersebut berasal dari petasan.

Mulanya, kebakaran dan ledakan itu terjadi pada Minggu (2/8/2020), sekitar pukul 23.30 WIB malam tadi. Dalam video yang diterima detikcom, terlihat kobaran api dan asap tebal di atas atap Mako. Perekam menyebut kebakaran dan ledakan berada di markas Gegana Mako Brimob yang beralamat di wilayah Bukit, Ilir Barat I, Palembang, itu.

Dalam video kedua, terdengar imbauan agar anggota yang tinggal di asrama Brimob di Ilir Barat I, Palembang, untuk menjauh dari lokasi. Di sana terlihat jelas ada terdengar ledakan dan juga seperti petasan.

Akibatnya, tujuh mobil pemadam kebakaran meluncur ke Mako Brimob Polda Sumsel. "Kami terima laporan tadi (Minggu) pukul 23.30 WIB dari Merdeka (kantor Damkar Jalan Merdeka). Dari Merdeka ini diteruskan karena posisi kami dekat, jadi kami backup," kata Kepala Pos Damkar Gandus Andre saat dimintai konfirmasi, Senin (3/8).

Si jago merah akhirnya dijinakkan sekitar pukul 00.30 WIB oleh pemadam gabungan. "Padam sekitar 30 menit lalu. Ini kami juga masih di lokasi, di Mako Brimob," ujar Andre lewat tengah malam tadi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Api sudah padam 30 menit lalu. Tidak ada korban jiwa," kata Andre saat dimintai konfirmasi, Senin (3/8).

Setelah ditelusuri, ternyata sumber penyebab kebakaran dan ledakan di Mako Brimob Polda Sumsel adalah petasan sisa Asian Games 2018.

"Kejadian terbakar dan ledakan itu malam tadi di gudang senjata, gudang amunisi di Sat Brimob. Yang meledak itu bukan bom atau amunisi, tetapi petasan sisa Asian Games 2018 lalu," terang Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi kepada detikcom, Senin (3/8).

Selanjutnya
Halaman
1 2