2 Pembunuh Gajah di Riau Ditangkap, 1 Buron

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 14:35 WIB
Polres Inhu merilis kasus pembunuhan gajah.
Polres Inhu merilis kasus pembunuhan gajah. (dok Istimewa)
Pekanbaru -

Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menangkap dua pelaku pembunuh gajah liar. Gading hingga senjata api (senpi) rakitan disita dari keduanya.

"Kedua tersangka ini melakukan pembunuhan gajah di Kelurahan Simpang Kelayang. Pembunuhan gajah liar tersebut sekitar dua bulan yang lalu," kata Kapolres Inhu AKBP Efrizal dalam jumpa pers, Senin (3/8/2020).

Efrizal menjelaskan kedua tersangka adalah ANR (52), warga Sikakak, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuansing, dan SKR (29), warga Desa Sungai Banyak Ikan, Kecamatan Kelayang. Keduanya ditangkap di waktu dan lokasi yang berbeda.

"Kita juga mengamankan barang bukti berupa sepasang gading gajah jantan. Senjata api rakitan laras panjang, 29 butir amunisi aktif, tengkorak gajah serta sejumlah barang bukti lainnya," kata Efrizal.

Pembunuhan gajah ini berawal pada 15 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Salah seorang Bhabinkamtibmas personel Polsek Kelayang mendapat informasi bahwa masyarakat menemukan bangkai gajah jantan di area perkebunan warga di lingkungan Kedondong Kelurahan Simpang Kelayang, Inhu.

Personel itu lalu melaporkan ke Kapolsek Kelayang AKP Parlindungan dan memimpin tim menuju tempat kejadian perkara (TKP). Di lokasi, polisi menemukan satu ekor gajah jantan dalam keadaan mati dengan belalai terputus.

"Pada bagian kepala gajah ada bekas potongan menggunakan benda tajam, dua gading masih menempel. Mungkin belum sempat diambil pelaku namun sudah ada bekas potongan atau bekas kampak dari pangkal rahang gajah tersebut," kata Efrizal.

Selanjutnya
Halaman
1 2