Hari Pertama Pemberlakuan Ganjil Genap di Jakarta, Polisi: Mayoritas Tertib

Matius Alfons - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 09:31 WIB
Uji coba perluasan ganjil-genap di sejumlah kawasan ibu kota dimulai hari ini. Sejumlah petugas Dishub mulai melakukan sosialisasi kepada para pengguna jalan.
Ilustrasi Ganjil Genap DKI Jakarta (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pemantauan hari pertama pemberlakuan aturan ganjil-genap di wilayah DKI Jakarta. Pihak kepolisian menyebut pagi ini hanya ditemukan beberapa pelanggar ganjil-genap.

"Iya masih ditemukan beberapa pelanggaran ganjil-genap pagi ini," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

Pada hari ini terdapat 25 titik masuk ganjil-genap yang dijaga 127 personel kepolisian. Fahri menilai mayoritas masyarakat pagi ini tertib aturan ganjil-genap.

"Mayoritas pengendara pagi ini tertib," ucap Fahri.

Fahri memastikan para pelanggar belum dikenai sanksi tilang pada hari ini. Dia menyebut para pelanggar masih diberi imbauan dan sosialisasi terkait penerapan ganjil-genap.

"Belum dikenakan sanksi tilang hari ini, diberikan teguran lisan dan sosialisasi saja," ujarnya.

Sebelumnya, kebijakan ganjil-genap untuk mobil pribadi di Jakarta berlaku mulai besok (Senin, 3 Agustus). Sosialisasi berlangsung pada 3-5 Agustus 2020 dan tilang baru berlaku mulai 6 Agustus 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya hanya akan memberlakukan teguran lisan di 3 hari pertama. Namun, polisi masih tetap memberhentikan mereka yang melanggar.

"Untuk melaksanakan penindakan pelanggaran tersebut, maka kami sampaikan bahwa selama 3 hari ini kami akan melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu, artinya Senin, Selasa, Rabu, kita belum akan melakukan penindakan dengan tilang, baik secara manual maupun secara e-TLE," kata Sambodo kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8).

Tonton video 'Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Ganjil Genap, Armada TransJ Ditambah':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/dhn)