5 Fakta Geger Ledakan Petasan di Mako Brimob Polda Sumsel

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 08:36 WIB
Ledakan di Mako Brimop Polda Sumsel
Ledakan di Mako Brimop Polda Sumsel (dok. Istimewa)

Tidak ada korban jiwa

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Api sudah padam 30 menit lalu. Tidak ada korban jiwa," kata Andre saat dimintai konfirmasi, Senin (3/8).

Andre mengatakan kebakaran terjadi di gudang senjata Sat Brimob. Namun sudah dapat dipastikan kini api padam dan tidak ada korban jiwa.

"Kondisi aman tanpa ada hambatan. Yang terbakar gudang senjata di belakang pojok kanan," kata Andre.

Suara senada disampaikan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi yang memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sebab, menurut dia, hanya satu gudang yang terbakar dan langsung dipadamkan. "Tidak ada korban jiwa, semua yang tinggal di asrama selamat. Amunisi dan alat-alat kita di gudang juga selamat semua," tegas Supriadi.


Ledakan bukan bom, tapi petasan

Sumber penyebab kebakaran dan ledakan di Mako Brimob Polda Sumsel ditelusuri. Ledakan diketahui akibat petasan sisa Asian Games 2018.

"Kejadian terbakar dan ledakan itu malam tadi di gudang senjata, gudang amunisi di Sat Brimob. Yang meledak itu bukan bom atau amunisi, tetapi petasan sisa Asian Games 2018 lalu," terang Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi kepada detikcom, Senin (3/8).

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi (Raja Adil Siregar/detikcom)Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Supriadi (Raja Adil Siregar/detikcom)

Supriadi menjelaskan petasan sisa Asian Games itu tidak habis dipakai saat gelaran Asian Games sehingga seluruh sisa petasan dititipkan di Mako Brimob.

"Memang itu tidak habis dipakai, jadi kita terima titipan dan itu tadi malam terbakar hingga terjadi ledakan. Maka dapat dilihat tadi malam itu ledakan bukan dari bahan-bahan amunisi, tapi petasan," ujarnya.

Menurut dia, petasan yang mudah terbakar disimpan di gudang senjata.

"Petasan itu sudah dirakit, jadi kalau bahan petasan ini kan mudah terbakar. Ya itulah terjadi ledakan berulang-ulang ke atas dan berwarna-warni akibat percikan api," kata Supriadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4