Viral Bendera Merah Putih Dibakar, 1 Perempuan di Lampung Ditangkap

Idham Kholid - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 07:55 WIB
Sejumlah santri membawa bendera merah putih saat mengikuti upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/10/2019). Pemerintah Jawa Barat memberikan sejumlah bantuan motor listrik dan hadiah umroh bagi santri, pondok pesantren serta DKM se-Jawa Barat pada  Peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang bertema Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.
Ilustrasi Bendera Merah Putih (Novrian Arbi/Antara Foto)
Jakarta -

Video disertai posting-an soal bendera Merah Putih dibakar di Lampung viral di media sosial. Seorang perempuan berinisial MA (33), yang diduga sebagai pelaku, ditangkap.

Video bendera Merah Putih dibakar itu berdurasi 30 detik. Tampak bendera dibakar dengan sengaja dengan api yang menyala di lampu.

"Pada hari Minggu tanggal 2 Agustus 2020 sekira pukul 19.00 WIB, didapatkan unggahan video pembakaran bendera Merah Putih oleh seseorang dalam di akun milik Facebook inisial MVDH," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Polisi lalu melakukan pendalaman dan profiling terhadap unggahan dan pemilik akun itu. Polisi juga melakukan koordinasi dan membentuk tim.

"Polres Lampung Utara membentuk tim gabungan personel Satuan Reskrim dan pers Satuan Intelkam yang dipimpin oleh Kapolres Lampung Utara mengamankan seorang perempuan yang diduga melakukan posting-an pembakaran bendera Merah Putih melalui akun Facebook MVDH," ujarnya.

Akun Facebook itu diketahui milik perempuan berinisial MA (33). Dia merupakan warga Kecamatan Kota Bumi, Lampung Utara, Lampung.

"Berdasarkan keterangan dari MA, pembakaran bendera Merah Putih yang di-posting olehnya di akun Facebook benar dilakukan secara sengaja," ujarnya.

"Saat ini Saudari MA diamankan di Polres Lampung Utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Tonton video 'Brigadir Nanang, Polisi yang Dipuji karena Ambil Bendera di Selokan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dnu)