Arus Balik Idul Adha, Tol Cikampek Macet di Beberapa Titik

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 19:16 WIB
Kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 15.30 WIB. (Foto: Ashri Fathan/detikcom)
Foto: Kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 15.30 WIB. (Foto: Ashri Fathan/detikcom)
Jakarta -

Arus balik mudik libur Idul Adha masih berlangsung hari ini. Antrian kendaraan terjadi di gerbang Tol Cikampek dari arah Bandung.

"Sekitar Tol Purwakarta saat ini masih lancar. Padat hanya untuk di sekitaran antrian gerbang arah Tol Cikampek hingga rest area Km 62 hingga pertemuan dari Bandung dan Cikampeknya," kata petugas call center Jasa Marga, Ahmad, kepada detikcom, Minggu (2/8/2020).

Kepadatan kendaraan ini terjadi di sekitar kilometer 64 hingga kilometer 66. "Kepadatan dari sekitaran Km 66 sampai dengan 64, lalu pada kembali di sekitaran Km 63 hingga rest area 62," ujar Ahmad.

Sebelumnya, pantauan detikcom, per pukul 15.12 WIB, Minggu (2/8/2020), kepadatan terjadi di Km 62 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Lalu lintas kendaraan tampak ramai lancar.

Namun arus lalu lintas di Jalan Tol Japek ini masih pasang-surut. Ada momen ketika kendaraan bertumpuk dan kendaraan terhenti total.

Contraflow juga sudah diberlakukan. Polisi membuka satu jalur dari arah sebaliknya untuk kendaraan menuju Jakarta.

Sehari sebelumnya, polisi telah mengimbau warga melakukan perjalanan balik lebih awal. Sebab, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (2/8).

"Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik dan perjalanan pun akan lebih nyaman," ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/8).

(rdp/dhn)