Jejak Otto Hasibuan dari Jessica 'Kopi Sianida' hingga Djoko Tjandra

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 12:53 WIB
Pengacara Otto Hasibuan mundur dari tim kuasa hukum Setya Novanto. Otto pun membuat surat resmi yang akan disampaikannya ke Novanto serta ke KPK.
Otto Hasibuan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pengacara kondang, Otto Hasibuan, resmi menjadi pengacara terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra. Sebelum perkara ini, Otto pernah menjadi pengacara Jessica Kumala Wongso dalam kasus 'kopi sianida' hingga sempat membela Setya Novanto.

"Jadi mulai hari ini, saya resmi menjadi kuasa hukum dari pada Djoko Tjandra, termasuk juga dengan keluarganya," ujar Otto di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2020) malam.

Menurut Otto, dia menjadi pengacara Joko Tjandra karena diminta keluarga kliennya itu. Baginya, tak ada alasan untuk menolaknya. "Ya orang minta tolong tentu ya kita perhatikan untuk dibantukan, nggak ada yang salah," ungkap Otto.

Otto diketahui meraih gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Gadjah Mada pada September 2006, yang mulanya lebih dikenal sebagai pengacara hukum dagang. Namun, namanya makin tersohor usai menjadi pengacara Jessica Kumala Wongso dalam kasus 'kopi sianida'. Berikut ini jejak Otto selama menjadi pengacara beberapa kasus besar.


1. Kasus Kopi Sianida

Otto pernah menjadi pengacara Jessica Kumula Wongso dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Kasus bermula saat Mirna tewas tak berapa lama setelah ngopi bareng Jessica di Kafe Olivier, Jakarta Pusat, pada 6 Januari 2016. Hingga kemudian Jessica menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Hakim memvonis Jessica hukuman 20 tahun penjara. Jessica terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap Mirna dengan cara memberi racun sianida ke kopi yang diminum Mirna. Vonis itu dikuatkan di tingkat banding, kasasi, dan MA. PK Jessica juga ditolak.

Otto mengaku sedih ketika PK itu ditolak. "Saya sedih," kata advokat senior itu kepada detikcom, Selasa (1/1/2019).

Tonton video 'Djoko Tjandra Akan Diperiksa Soal Surat Jalan Hingga Aliran Dana'

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3