Pemprov DKI Buka Kemungkinan Ganjil Genap Juga Berlaku untuk Motor

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 12:35 WIB
Petugas kepolisian gelar sosialisasi pelaksanaan ganjil-genap di Bundaran HI, Jakarta. Diketahui, ganjil-genap kembali diberlakukan mulai Senin (3/8) besok.
Sosialisasi Ganjil Genap di Bundaran HI (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memberlakukan pembatasan ganjil genap untuk mobil mulai 3 Agustus 2020. Tak tertutup kemungkinan ganjil-genap nantinya juga diterapkan untuk semua kendaraan bermotor, termasuk roda dua.

Kadishub DKI Syafin Liputo mengatakan pembatasan ganjil-genap ini demi membatasi pergerakan warga. Jika tak ada penurunan pergerakan warga, kebijakan lanjutan akan diambil. Kebijakan itu bisa berupa ganjil-genap sepanjang hari atau penerapan pembatasan untuk motor.

"Kebijakan ganjil-genap saat ini ini berlaku hanya bagi kendaraan roda empat, roda dua belum. Tetapi saya sampaikan jika nanti ada analisis kami ternyata mobilitas warga tidak terjadi perubahan dengan kondisi pada periode pelaksanaan PSBB transisi, jika tidak ada perubahan maka bisa saja kami menerapkan pemberlakuan ganjil-genap sepanjang hari atau juga ada tambahan pemberlakuan bagi seluruh kendaraan bermotor," kata Syafrin di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2020).

Seperti diketahui, ganjil-genap yang akan berlaku mulai besok diterapkan pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB di 25 ruas jalan. Syafrin mengatakan kebijakan ini untuk mengurangi mobilitas warga.

"Kami mengimbau sekali lagi bahwa tujuan diberlakukan pembatasan lalu lintas dengan ganjil genap ini adalah untuk menurunkan mobilitas warga yang tidak penting. Jangan lakukan pergerakan yang tidak penting," ujarnya.

Pemprov DKI mengimbau warga menyesuaikan jadwal bekerja di kantor dengan ganjil-genap. Misalkan, warga yang memiliki kendaraan bernomor ganjil dapat bekerja di rumah saat tanggal genap.

"Bagi warga yang mendapatkan penugasan bekerja dari rumah, silakan, tetapi rumah Anda melakukan Zoom Meeting dari tidak harus bergerak ke pusat-pusat kegiatan kemudian menimbulkan keramaian tentu upayanya adalah untuk kita bersama-sama segera terbebas dari wabah COVID-19 ini," kata Syafrin.

Siap-Siap! Ganjil Genap di Jakarta Mulai Berlaku Besok:

[Gambas:Video 20detik]



(imk/dhn)