Round-Up

Gubernur Kepri Positif Corona Dipastikan Tak Menular ke Lingkar Istana

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 07:44 WIB
Isdianto dilantik menjadi Wakil Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/3/2018).
Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Riau -

Gubernur Kepulauan Riau (kepri), Isdianto, positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Berita tersebut membuat geger lantaran Isdianto terpapar Corona usai dilantik sebagai Gubernur Kepri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

Mulanya, Isdianto berangkat dari Kepri ke Jakarta pada Jumat (24/7). Kemudian, ia mengikuti uji swab pada Sabtu (25/7). Hasil dari uji swab itu Isdianto dipastikan negatif Corona.

"Saat saya pimpin rakor saya minta gubernur dan keluarga dan pejabat yang hadir masuk Istana di-swab di Jakarta. Saat itu hari Jumat (25/7) dan dilantik Senin (28/7). Maka saya meminta semua swab di Jakarta dan saat itu hasilnya negatif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Sabtu (1/8/2020).

Pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepri dipimpin oleh Jokowi. Meski begitu, pelantikan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.
Selama prosesi pelantikan berlangsung, pihak Setpres (Sekretariat Presiden) juga meminimalkan kontak langsung antara Jokowi dan Isdianto, yang saat itu akan dilantik. Jokowi tidak menyerahkan langsung petikan keppres (keputusan Presiden) pengangkatan jabatan Isdianto.

"Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan keppres, tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu," kata Heru.

"Artinya, kami sudah melaksanakan dan menjaga kondisi-kondisi protokol kesehatan dengan ketat," imbuhnya.

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, utamanya selama prosesi pelantikan berlangsung, seperti memakai masker dan jaga jarak.

Pemprov Kepri mengatakan, Isdianto positif virus Corona saat pulang pelantikan pada Senin (27/7). Saat rombongan gubernur tiba di Bandara Tanjungpinang, ada sambutan dari warga dan beberapa pejabat daerah lainnya. Diduga, di situlah Isdianto tertular virus Corona.

"Waktu pulang, mungkin di antara mereka ada yang terindikasi positif, di bandara terjadi kerumunan masa menjemput Pak Gubernur. Karena para ajudan di dekat Pak Gubernur, berupaya merenggangkan jarak, sentuhan mungkin ada antara ajudan dengan gubernur," ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Cecep Yudiana, saat dihubungi, Sabtu (1/8).

Setelah dilakukan tes swab terhadap rombongan gubernur, 6 orang positif Corona. 6 orang itu yakni Isdianto dan 5 ajudannya.

Menurut Cecep, acara sambutan di bandara cukup padat oleh warga Kepri. Malahan, terjadi beberapa kontak fisik karena euforia usai pelantikan.

"Kalau di bandara ada penjemputan sekitar 100 (orang), ada. Kita kan sebenarnya terapkan physical distancing. Namun spontanitas rasa gembira kadang tidak mampu dibendung. Lupa dengan kewajiban, kira-kira seperti itu. Jabat tangan berjalan jadinya, harusnya kan tidak dilakukan," ujarnya.

Tonton video 'Istana Buka Suara soal Gubernur Kepri yang Kena Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dwia)