Ini Alasan Eks Pengacara Jessica 'Kopi Sianida' Mau Bela Djoko Tjandra

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 06:19 WIB
Pengacara Otto Hasibuan
Foto: Otto Hasibuan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengacara kondang Otto Hasibuan mengaku diminta keluarga terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, menjadi pembela hukum. Lantas, apa alasan yang membuat eks pengacara Jessica Kumala Wongso dalam kasus 'kopi sianida' itu mau mendampingi Djoko Tjandra?

"Ya orang minta tolong tentu ya kita perhatikan untuk dibantukan, nggak ada yang salah," kata Otto Hasibuan kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Otto mengatakan tak ada alasan untuk menolak mendampingi Djoko Tjandra. Pada Sabtu (1/8) Otto datang ke Rutan Salemba cabang Bareskrim untuk bertemu Djoko Tjandra.

Otto telah mendapatkan surat kuasa untuk menjadi pengacara Djoko Tjandra. Dia mengaku datang untuk membicarakan kasus apa yang bisa dia tangani.

"Karena, begini, saya belum bertemu dia, sementara ini tidak ada alasan yang kuat untuk menolak perkara ini, sementara ini, tapi nanti saya ketemu dulu dengan dia kan, saya harus ketemu dulu. Kita kan ketemu dulu, baru diskusi, apa yang harus saya tangani, kan itu tergantung gitu loh," ucapnya.

Lebih lanjut, Otto menjelaskan kode etik seorang pengacara yang tak diperkenankan menolak suatu perkara hukum. Dia membeberkan sejumlah alasan bila seorang pengacara dapat menolak suatu perkara.

"Seorang lawyer itu di dalam kode etik advokat itu tidak boleh menolak perkara dengan alasan yang tidak tertentu, umpamanya kita menolak perkara itu kalo alasannya ada beberapa, satu, kalau kita tidak expert di bidangnya itu boleh menolak perkara. Kedua, ada konflik of interest. Ketiga, itu bertentangan dengan hati nurani. Tiga alasan inilah yang bisa bagi advokat untuk menolak, di luar itu tidak boleh menolak, perbedaan politik, sikap agama, suku, itu tidak boleh untuk alasan menolak," beber Otto.

Tonton video 'Djoko Tjandra Akan Diperiksa Soal Surat Jalan Hingga Aliran Dana':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2