Djoko Tjandra Huni Sel Nomor 1 Rutan Bareskrim, Brigjen Prasetijo Nomor 26

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 09:59 WIB
Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo menempati sel Rutan Bareskrim
Detik-detik Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo menghuni Rutan Bareskrim Polri. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Terpidana kasus cessie Bank Bali Joko Soegiarto alias Djoko Tjandra dan mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo berada di rumah tahanan (rutan) yang sama, yakni Rutan Bareskrim Polri. Namun keduanya ditahan di sel berbeda. Djoko menghuni sel nomor 1, sementara Brigjen Prasetijo di sel nomor 26.

Djoko Tjandra saat ini berstatus warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Salemba Cabang Bareskrim Polri atas perkara cessie Bank Bali. Sedangkan Brigjen Prasetijo berstatus tahanan Bareskrim karena terjerat perkara surat jalan Djoko Tjandra.

Dari foto yang diterima detikcom, Sabtu (1/8/2020), tampak detik-detik Djoko Tjandra digiring memasuki sel tahanannya oleh polisi. Djoko mengenakan kemeja merah dan celana panjang hitam.

Sel tahanan tersebut berbentuk persegi panjang. Tak tampak tahanan lain di dalamnya alias Djoko Tjandra ditempatkan seorang diri.

Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo menempati sel Rutan BareskrimDjoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo menempati sel Rutan Bareskrim (Foto: dok. istimewa)

Sementara itu, terkait Brigjen Prasetijo, masih dari foto yang didapat detikcom, terlihat menjalani pemeriksaan tekanan darah sebelum dimasukkan ke sel tahanan. Brigjen Prasetijo juga terlihat membawa tas ransel hitam.

Sebagaimana diketahui, Djoko Tjandra merupakan buron Kejaksaan Agung (Kejagung) selama 11 tahun. Sedangkan Brigjen Prasetijo Utomo, terbukti dalam penyelidikan, turut andil memuluskan jalan Djoko Tjandra bepergian dengan menerbitkan surat jalan dengan rute Jakarta-Pontianak, bahkan jenderal bintang satu ini menemani Djoko Tjandra melakukan perjalanan.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit menerangkan hal serupa, yakni Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo akan menempati sel tahanan berbeda.

"Terkait dengan penempatan, tentunya kita akan memisahkan. Karena memang antara BJP PU dan Saudara Djoko Tjandra, tentunya kami masing-masing memiliki kepentingan untuk kami melakukan pendalaman, sehingga tidak mungkin kami jadikan satu," kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di kantor Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (31/7).

Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo menempati sel Rutan BareskrimDjoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo menempati sel Rutan Bareskrim (Foto: dok. istimewa)

Tonton video 'Djoko Tjandra Resmi Jadi Napi Rutan Salemba Cabang Mabes Polri':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/dnu)