Istana: Gubernur Kepri Negatif Corona Sebelum Dilantik Presiden

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 09:10 WIB
Gubernur Kepri Isdianto
Gubernur Kepri Isdianto. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden )
Jakarta -

Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) saat penyambutan di bandara usai dilantik Presiden Jokowi. Pihak Istana mengatakan, Isdianto sudah dites swab sebelum dilantik dan dinyatakan negatif COVID-19.


"Saat saya pimpin rakor saya minta gubernur dan keluarga dan pejabat yang hadir masuk Istana di-swab di Jakarta. Saat itu hari Jumat (25/7) dan dilantik Senin (28/7). Maka saya meminta semua swab di Jakarta dan saat itu hasilnya negatif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Sabtu (1/8/2020).

Heru mengatakan, Isdianto dites swab atau tes usap pada hari Sabtu (26/7) atau 2 hari sebelum dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Heru juga mendoakan supaya Isdianto lekas sembuh.

"Setelah dari Istana, gubernur ada kegiatan lainnya di luar Istana saya tidak tahu. Swabnya dilakukan di Jakarta kalau tidak salah hari Sabtu," kata Heru.

Pemprov Kepri mengatakan, Isdianto positif virus Corona saat pulang pelantikan. Rombongan Gubernur tiba di Bandara Tanjungpinang, ada sambutan dari warga dan beberapa pejabat daerah lainnya pada Senin (27/7). Diduga, di situlah Isdianto tertular virus Corona.

"Waktu pulang, mungkin di antara mereka ada yang terindikasi positif, di bandara terjadi kerumunan masa menjemput Pak Gubernur. Karena para ajudan di dekat Pak Gubernur, berupaya meregangkan jarak, sentuhan mungkin ada antara ajudan dengan gubernur," ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Cecep Yudiana, saat dihubungi, Sabtu (1/8).

Sampai saat ini, ada enam orang, termasuk Isdianto yang dinyatakan positif Corona di klaster tersebut. Pemprov Kepri telah melakukan penelusuran dan tes swab ketika lima orang ajudan dinyatakan positif virus Corona.

Tonton video 'Jokowi Lantik Isdianto Jadi Gubernur Kepri Definitif':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/aik)