Masa Akhir Bertugas, Dubes Wahid Dapat Penghargaan dari Mufti Rusia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 01:26 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mendapat penghargaan dari Dewan Mufti Rusia.
Foto: Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mendapat penghargaan dari Dewan Mufti Rusia (dok. KBRI Moskow).
Jakarta -

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mendapat penghargaan Medal of Muslims of Russia "For Services" dari Dewan Mufti Rusia. Penghargaan diberikan atas kontribusi mengembangkan dan memperdalam hubungan kebudayaan dan keagamaan antara Rusia dan Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Mufti Rusia, Rushan Abbyasov, di Kantor Dewan Mufti Rusia pada Rabu (29/7). Penyerahan penghargaan ini dilakukan menjelang berakhirnya tugas Dubes Wahid di Rusia pada akhir Juli 2020.

"Penghargaan juga diberikan atas keaktifan Dubes Wahid dalam berbagai kegiatan Dewan Mufti Rusia dan Religious Board of Muslim of the Russian Federation yang ditujukan untuk mempererat perdamaian dan keharmonisan di masyarakat Rusia," kata Rushan Abbyasov sebelum menyematkan medali, seperti dalam keterangan dari KBRI Moskow, Jumat (31/7/2020).

Menurut Rushan Abbyasov, Wahid banyak memperkenalkan Islam di Rusia kepada masyarakat Indonesia. Beberapa hal dilakukan Wahid, seperti kunjungan ke masjid-masjid pada saat kunjungan kerja ke berbagai daerah di Rusia, dan keikutsertaan pada peresmian sejumlah masjid baru.

Tidak sedikit pula kunjungan delegasi dan warga Indonesia ke Moskow yang selalu menyempatkan berkunjung ke Masjid Agung Moskow.

Rushan Abbyasov dan Dubes Wahid sepakat Indonesia dan Rusia memiliki banyak peluang kerja sama, termasuk di bidang ekonomi dan perdagangan, seperti sektor industri halal atau produk halal.

Untuk itu, Dubes Wahid mengatakan, Indonesia aktif dalam mengembangkan kerja sama, seperti keikutsertaan pada Kazan Summit dan Russia Halal Expo di Kazan, serta Moscow Halal Expo. Dubes Wahid juga mendorong Dewan Mufti Rusia untuk terus mengembangkan kerja sama dengan Indonesia, termasuk dengan organisasi keagamaan, seperti Majelis Ulama Indonesia.

(aik/aik)