Viral Isu Pasien Corona di RSPI Puri Meningkat, Begini Faktanya

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 10:20 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Isu meningkatnya pasien virus Corona (COVID-19) di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, viral di media sosial. Peningkatan pasien Corona disebut-sebut terlihat dari banyaknya antrean masyarakat yang hendak melakukan tes swab di RSPI Puri Indah.

Di sebuah story akun Instagram yang viral itu, menyebut bahwa biasanya tes swab di RSPI Puri Indah dilakukan di satu tenda, namun bertambah menjadi tiga tenda. Disebutkan pula bahwa tes swab tersebut didominasi oleh komunitas pesepeda.

Humas RSPI Puri Indah, Septi membenarkan adanya antrean dalam waktu tertentu. Namun, antrean tersebut tidak hanya untuk tes swab, melainkan untuk berbagai macam pemeriksaan Corona.

"Memang pada waktu tertentu ada antrean di layanan drive-thru RS Pondok Indah Puri Indah untuk berbagai macam pemeriksaan COVID-19," kata Septi, melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (31/7/2020).

Septi menuturkan timbulnya antrean karena masyarakat banyak yang antusias untuk melakukan layanan pemeriksaan secara drive-thru. Dia menyebut, tak ada lonjakan pasien positif Corona yang bermakna di RSPI Puri.

"Antrean timbul karena antusiasme pengunjung pada layanan drive-thru untuk screening. Jumlah pasien positif dari layanan drive-thru tidak melonjak bermakna," tuturnya.

Lebih lanjut, Septi menyampaikan bahwa pihak RSPI Puri Indah selalu berkoordinasi dengan Dinkes untuk melaporkan hasil pemeriksaan. Terkait adanya isu bertambahnya pasien positif yang berasal dari komunitas pesepeda dan berkumpul, Septi mengatakan pihaknya tidak memperoleh adanya informasi tersebut.

"Kami selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melaporkan hasil pemeriksaan. (Apa benar tambahan konfirmasi positif Corona berasal dari komunitas sepeda dan kumpul-kumpul) Kami tidak mendapatkan informasi seperti hal tersebut," imbuhnya.

Tonton video 'Anies Jelaskan Penyebab Kasus Positif Corona di DKI Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)