Jelang Idul Adha, Pelabuhan Merak Mulai Ramai Pemudik

M Iqbal - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 16:05 WIB
Suasana di Pelabuhan Merak.
Suasana di Pelabuhan Merak. (Foto: M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Jelang Hari Raya Idul Adha 2020, Pelabuhan Merak, Banten mulai didatangi pemudik. Penumpang pejalan kaki maupun kendaraan pribadi sudah mulai ramai terlihat lalu lalang masuk ke kapal.

Kepadatan penumpang sudah terjadi sejak Rabu (29/7) malam hingga Kamis (30/7) dini hari tadi. Kendaraan pribadi memenuhi kantong parkir tiap dermaga di Pelabuhan Merak.

"Kalau melihat data dari tahun sebelumnya ada peningkatan kalau tidak salah kurang lebih ada 19,1 persen," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy kepada wartawan di Merak, Kamis (30/7/2020).

Meski sudah mengalami peningkatan, pihaknya memprediksi malam ini puncak arus mudik Idul Adha. Para penumpang yang memadati pelabuhan malam tadi menurut data ASDP akan mudik ke Palembang dan Bengkulu.

"Namun itu prediksi bahwa puncaknya hari ini, tapi kalau kita lihat data mungkin orang tinggal di daerah Palembang atau Bengkulu atau Sumatera Selatan yang pulang lebih awal," ujarnya.

PT ASDP sudah menyiapkan 68 kapal dan 6 dermaga untuk mengangkut pemudik tujuan Sumatera. Namun, per harinya PT ASDP mengoperasikan 27-29 kapal.

"PT ASDP Indonesia Ferry Cabang merak dalam menghadapi angkutan Idul Adha kapal beroperasi 29 kapal dan ada 6 dermaga yang beroperasi 5 reguler dan 1 eksekutif," kata dia.

Tonton video 'Situasi Lalin Tol Cikampek Jelang Puncak Mudik Idul Adha':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)