Bertambah, Kini Ada 21 Nakes di RSUD AW Sjahranie Samarinda Positif Corona

Suriyatman - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 12:24 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Samarinda -

Ada tambahan 15 orang tenaga medis di RSUD Abdul Wahab (AW) Sjahranie, Samarinda yang positif virus Corona (COVID-19). Sehingga, total 21 tenaga medis yang positif Corona.

"Bahwa pada hari ini Kamis 30 Juli 2020. Ada 15 penambahan kasus baru tenaga kesehatan RSUD AWS yang terkonfirmasi positif sehingga berjumlah 21 orang," kata Kepala Instalasi, Humas dan PKRS RSUD AW Sjahranie, Samarinda dr Arysia Andhina kepada detikcom, kamis (28/7/2020).

Seluruh petugas medis yang positif menjalankan isolasi mandiri di rumah. "Sejauh ini belum ada yang dirawat, namun jika ada kami sudah siapkan ruang isolasi untuk mereka," tegas dr Sisil panggilan akrab Arysia.

RSUD AW Sjahranie tidak akan menutup layanan rumah sakit karena kasus tersebut. Namun, pihak rumah sakit akan melakukan pengaturan layanan.

Seperti di poli rawat jalan yang tidak terkontaminasi, layanan tetap berjalan tapi ada pembatasan jam layanan. "Kami tetap tidak akan membuka jam besuk bagi pasien dan untuk penunggu dibatasi hanya 1 orang, namun untuk ICU dan ICCU masih belum menerima rujukan dari RS lain," kata Arysia.

Selain itu, pihak RS tidak akan menerima pasien baru. Masyarakat yang ingin berobat hingga ada sterilisasi.

"Saat ini petugas kami yang terkonfirmasi positif sudah melakukan isolasi mandiri. Kami juga telah melaporkan kepada Dinas Kesehatan. Untuk itu, mohon dukungan doa dan dukungan kepada petugas kami yang telah terkonfirmasi positif COVID-19," kata Arysia.

"Pelayanan tetap, tapi tidak menerima pasien baru sampai disterilkan lebih dulu, dan pasien lama selesai perawatan," tutupnya.

(aik/aik)