DKI dan Jatim Jadi Penyumbang Corona Terbesar 29 Juli, Mudik Jadi Faktor

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 11:26 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah mengungkapkan 5 provinsi penyumbang kasus Corona terbesar pada 29 Juli kemarin. Pemerintah menyebut kenaikan kasus Corona ini ada kaitannya dengan mudik.

"Kami ingin menyampaikan update perkembangan kasus harian COVID-19, terutama pada provinsi yang menyumbang kasus cukup besar dan ini ada kaitannya dengan aktivitas mudik yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada hari Lebaran, termasuk perayaan Idul Adha," kata juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube BNPB, Kamis (30/7/2020).

Kelima provinsi penyumbang kasus Corona terbesar per 29 Julu ialah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara hingga Sulawesi Selatan. Berikut ini datanya:

5 provinsi penyumbang kasus besar di Indonesia per 29 Juli:
1. DKI Jakarta: 577
2. Jatim: 359
3. Jateng: 313
4. Sumut: 241
5. Sulsel: 128

"Ini adalah daerah-daerah yang kebetulan juga daerah-daerah tujuan mudik dan ini adalah kasus dalam sehari," ucap Wiku.

Wiku meminta data terkait lima provinsi penyumbang kasus Corona tersebut diperhatikan masyarakat. Wiku mengimbau masyarakat tidak mudik dahulu di momen Idul Adha ini.

"Perlu jadi perhatian saudara-saudara sekalian dalam rangka menjalankan ibadah perayaan Idul Adha, terutama yang akan melakukan mudik, mohon agar dipertimbangkan dan dihindari apabila tidak terlalu perlu karena penyumbang kasus besar daerah tujuan dan asal mudik," pesan Wiku.

Tonton video 'Anies Jelaskan Penyebab Kasus Positif Corona di DKI Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)