Kakorlantas Cek Kesiapan Pelabuhan Merak Jelang Mudik Idul Adha

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 21:14 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Istiono cek kesiapan Pelabuhan Merak, Banten jelang arus mudik Idul Adha.
Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengecek kesiapan Pelabuhan Merak, Banten, menjelang mudik Idul Adha. (Muhammad Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengunjungi Pelabuhan Merak, Banten, untuk mengecek persiapan pelabuhan menjelang mudik Idul Adha. Sejumlah persiapan sudah dilakukan petugas untuk melayani pemudik yang hendak menggunakan jasa angkutan transportasi laut.

"Kunjungan hari ini kita yang jelas kita tadi dari Jakarta cek jalur persiapan Idul Adha menuju Merak, Banten, untuk pemudik ini," kata Istiono kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (29/7/2020).

Dia menyebut secara umum kesiapan sarana dan prasarana penunjang untuk menghadapi arus mudik Idul Adha 2020 sudah siap 100 persen. Menurutnya, petugas di lapangan juga bakal dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas dari Jakarta hingga Merak.

"Saya juga yakin kesiapan mereka sudah maksimal semua. Tadi disampaikan juga untuk peningkatan arus yang akan mudik diperkirakan roda 4 itu mengalami peningkatan sekitar 16 persen dan roda 2 mengalami peningkatan sekitar 5 persen," ujar Istiono.

Meski diprediksi bakal terjadi lonjakan jumlah kendaraan, pelabuhan sudah menyiapkan antisipasinya. Menurutnya, pihak pelabuhan sudah menyiapkan 68 kapal untuk menyeberangkan pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Namun demikian, itu bisa di-cover dengan 68 kapal yang beroperasi dan yang dioperasionalkan adalah 6 dermaga 1 eksekutif udah disiapkan," kata dia.

Dia mengimbau agar pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan umum tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker, dan sering cuci tangan. "Terutama untuk penumpang umum yang tidak membawa kendaraan betul-betul harus jaga diri yang terpenting itu adalah mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.

(fas/fas)