Antisipasi Mudik Idul Adha, Polda Metro Siapkan Sistem Contraflow-One Way

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 20:19 WIB
Rekayasa lalu lintas arus balik dengan menerapkan sistem lawan arus (contraflow) masih diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta.
Ilustrasi penerapan contraflow di Tol Cikampek (Agung Pambudhy/detikcom)

"Dan kita juga sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga bahwa kami punya kewenangan untuk melaksanakan buka-tutup di rest area. Kalau misalnya ternyata antrean untuk mengisi bensin, beristirahat di area KM 19 membeludak sehingga menutup arus ke arah timur, tentu kita akan melaksanakan buka-tutup," kata Sambodo.

Sambodo menyebut pihaknya juga tak luput membuka-tutup akses parking bay yang berada di pinggir jalan sisi kiri. Dia berharap lalu lintas berlangsung lancar.

"Termasuk ada parking bay sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalu lintas, kita akan melaksanakan buka-tutup untuk kemudian kita akan melancarkan arus, sehingga masyarakat yang akan melaksanakan mudik atau liburan Idul Adha tidak terganggu," ucap Sambodo.

Dalam menghadapi Idul Adha 1441 H, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan 28 pos pengamanan untuk kelancaran arus mudik. Pos pengamanan itu disebar di beberapa titik di Jakarta Raya.

Pos pengamanan ini akan dijaga petugas sejak Kamis (30/7) sampai Minggu (2/8) mendatang. Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengerahkan 749 personel untuk pengamanan ini.

Halaman

(jbr/jbr)