Jamaah Haji 2020 Dapat Sajadah Steril dalam Tas

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 12:50 WIB
Sajadah Haji 2020
Foto: Dok. SPA/Jamaah Haji 2020 Dapat Sajadah Steril dalam Tas
Jakarta -

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah dimulai. Otoritas yang berwenang pun memberikan sajadah steril dalam sebuah tas untuk menunjang ibadah para jamaah.

Dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), sajadah tersebut diberikan sebagai bentuk kampanye dari 'Kami Bangga Melayani Para Jamaah dan Pengunjung' dari Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci Dr Abdul Rahman Al Sudais.

"Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci menyiapkan sajadah untuk jamaah sebagai bagian dari kampanye 'Kami bangga melayani para jamaah dan pengunjung," tulis keterangan tersebut.

Adapun, sajadah tersebut berwarna hijau dengan hiasan motif pada sekelilingnya. Alas sholat tersebut diberikan dalam tas hitam tertutup yang telah disterilkan.

Otoritas haji Arab Saudi diketahui menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat selama penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Hal ini demi menjaga kesehatan para jamaah dan juga menghindari penyebaran virus.

Selain karpet sajadah, pihaknya juga membagikan air zam-zam dalam kemasan botol yang juga telah disterilkan. Botol minum tersebut hanya boleh digunakan sekali pakai.

Sementara itu, ibadah haji tahun ini dilaksanakan oleh 10.000 jamaah yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Sebelumnya, pelaksanaan haji bisa mengundang lebih dari 2,5 juta orang dari seluruh dunia.

(pay/erd)