Manajemen Transmart Klarifikasi Soal 16 Karyawan Positif COVID-19

Christallia Lie - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 19:28 WIB
Transmart Carrefour
Foto: Dok. Transmart Carrefour
Jakarta -

Menanggapi isu yang berkembang atas 16 pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall, Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat, yang positif COVID-19, Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia Satria Hamid menjelaskan jika pekerja tersebut bukanlah Karyawan Transmart melainkan pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall.

"Proyek pembangunan Kubu Raya tersebut terpisah dengan area Transmart dan terdapat pagar pemisah di sekeliling proyek. Pintu masuk proyek pun berbeda, tidak masuk dari Transmart melainkan dari jalan khusus. Fakta bahwa para pekerja tersebut bukanlah karyawan Transmart," ungkap Satria, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7/2020).

Hal ini juga dibenarkan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melalui akun resmi Facebook miliknya.

"Assalamu'alaikum wr wb. Semoga warga Kalbar sehat selalu. Beberapa hari Kalbar nol kasus, tapi per hari ini ada 22 kasus baru, 16 diantaranya pekerja di pembangunan perluasan mall Transmart. Saya minta pekerjaan pembangunan tersebut di stop untuk 10 hingga 14 hari, tapi mal-nya cukup lakukan disinfektan karena tak ada jaminan mal tak terdampak kasus. Jadi jangan salah ya, yang positif pekerja bangunannya bukan karyawan Transmart. Saya sekedar mengingatkan agar tetap waspada," ujarnya.

Transmart CarrefourProtokol kesehatan di Transmart Carrefour/Foto: Dok. Transmart Carrefour

Untuk mendukung Pemerintah Daerah Kubu Raya, Pontianak-Kalimantan Barat, Transmart Kubu Raya tetap dibuka, serta senantiasa dan displin memperhatikan prosedur tetap (protap) kesehatan agar pelanggan tetap bisa berbelanja dengan aman dan nyaman. Tentunya protap ini juga sesuai dengan peraturan yang disosialisasikan Kementrian Kesehatan.

Satria melanjutkan, Transmart selalu memastikan baik karyawan maupun pelanggan dalam keadaan sehat, yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh yang tidak boleh melebihi 37,5 derajat celsius. Selain itu, pelanggan juga dibekali pemakaian hand sanitizer, wajib memakai masker sebelum memasuki area perbelanjaan, dan mencegah berkumpulnya pelanggan dengan garis pembatas serta memastikan maksimal pengunjung hanya 50%.

Penyemprotan disinfektan secara berkala juga dilakukan pada area penting, misalnya hand rail travelator, gagang troli belanja, tombol lift, dan handle pintu setiap jam 10.00, 14.00 dan 20.00 WIB.

"Sesuai saran dari Gubernur Kalimantan Barat, penyemprotan disinfektan di Transmart Kubu Raya telah dilakukan hari ini. Penyemprotan dilakukan menyeluruh bersama Dinas Kesehatan Kalimantan Barat & Kabupaten Kubu Raya, serta Satpol PP Pemprov & Kubu Raya. Pelanggan tidak perlu ragu untuk berbelanja, Transmart Kubu Raya tetap buka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam melayani kebutuhan pelanggan," pungkas Satria.

Tonton video 'LIPI Akan Buat Vaksin COVID-19 dalam Bentuk Spray':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)