Golkar DKI Dukung Perluasan Industri Pulogadung Asal Pekerjakan Warga Sekitar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 05:03 WIB
Sekretaris Fraksi Golkar DKI Jakarta Judistira Hermawan.
Foto: Sekretaris Fraksi Golkar DKI Jakarta (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Golkar DKI Jakarta menyambut baik rencana perluasan kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Namun, harus memberdayakan masyarakat sekitar.

"Perlu sekali dan tentu Fraksi Golkar beri dukungan atas rencana pengembangan kawasan industri Pulogadung. Ini kebetulan kawasan industri ini ada di dapil saya, ketika ada rencana pengembangan oleh salah satu BUMD kita, tentu kita dukung, apalagi bukan hanya terkait industri namun ada RS (rumah sakit) dan rusun juga akan dibangun di situ," ucap Sekretaris Fraksi Golkar DKI Jakarta, Judistira Hermawan, saat dihubungi, Minggu (26/7/2020).

Meski setuju, Judistira memberikan catatan. Dia ingin agar pengembangan kawasan peduli kepada warga Pulogadung.

"Kami minta kepada PT. JIEP selaku pengembang dan BUMD DKI, yang pertama, mengutamakan pekerja-nya direkrut dari wilayah sekitar, baik kecamatan Pulogadung, maupun Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, utamakan para pemuda yang siap kerja diberdayakan," katanya.

Selain itu, soal rumah sakit dan rumah susun (Rusun), kata Judistira, harus kebutuhan masyarakat. Khususnya masyarakat dari kalangan ekonomi bawah.

"Yang ke dua pembangunan rumah sakit dan rusun di kawasan JIEP ini harus yang memang diperuntukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat banyak, bukan RS ataupun Rusun mewah yang malah tidak terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Bagi Judistira, masyarakat membutuhkan fasilitas kesehatan. Sebetulnya telah ada rencana pembangunan RS di Cakung, namun terkendala hingga tidak pernah terlaksana.

"Kita sudah memperjuangkan pembangunan RSUD Kecamatan Cakung Jakarta Timur bertahun tahun, yang rencananya dibangun di kawasan terpadu Cakung Barat, tapi selalu ada saja kendala-nya dan terakhir anggaran karena COVID-19, semoga yang direncanakan di JIEP ini bisa membantu sebagian masyarakat dari kebutuhan faskes (fasilitas kesehatan) bagi masyarakat di sekitar kawasan itu," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperluas kawasan terpadu industri Pulogadung. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, konsep kawasan industri terpadu Pulogadung sudah selesai dibuat. Selain itu, pihaknya juga akan mengubah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di kawasan tersebut.

"Kawasan ini sudah selesai konsepnya. Kita akan mulai dengan penataan, penertiban (bangunan liar), kita akan mengubah RDTR dan RTRW-nya. Kita akan melakukan percepatan dalam tahun ini juga dan mempersiapkan lokasi baru nanti ada beberapa titik yang potensial. Sehingga, percepatan kawasan ini bisa kita optimalkan," ujar pria yang akrab disapa Ariza itu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/7).

(aik/isa)