Round-up

Nasib Malang Relawan Pemakaman COVID Dipukuli Nisan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 11:10 WIB
Keluarga Pasien Pukuli Relawan Pemakaman COVID-19 di Palangka Raya.
Foto: Keluarga Pasien Pukuli Relawan Pemakaman COVID-19 di Palangka Raya. (Dok Polda Kalteng)
Palangka Raya -

Nasib malang menimpa 4 relawan pemakaman COVID-19 dari MDMC RSI Muhammadiyah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Mereka dipukuli dengan nisan oleh oknum keluarga jenazah pasien dalam perawatan (PDP) suspek COVID-19.

Awalnya pihak keluarga setuju jenazah PDP COVID-19 itu dimakamkan di pemakaman khusus COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Tjilik Riwut Km 12, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (21/7/2020).

Namun, mereka meminta agar prosedur pemakaman secara muslim tetap dilakukan, seperti azan dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pihak keluarga juga meminta dimakamkan di lubang pemakaman yang sudah disiapkan keluarga, yang jaraknya sekitar 100 meter dari makam yang sudah disediakan relawan.

"(Lubang makam yang disiapkan warga) masih dalam areal pemakaman umum, dengan peti jenazah tetap seperti semula, tidak dibuka dan sebagainya," ujar Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Rabu (22/7/2020).

Namun, relawan MDMC Muhammadiyah tidak mengindahkan permintaan warga tersebut, sehingga keributan pun terjadi. Empat relawan MDMC Muhammadiyah akhirnya mengalami luka, bahkan ada yang dipukuli menggunakan nisan. Relawan yang luka tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"Heri Setiawan pingsan dipukul rahang. Apri Husain Rahu luka hidung. Nanang Amrullah luka kaki kiri dipukul pakai nisan. Siswanto luka memar," ujar Dedi.

Polisi langsung mengusut kasus penganiayaan tersebut dengan memeriksa saksi di lokasi keributan dan juga menggali keterangan korban.

Tonton video 'Ada Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 Dipukul Pakai Nisan':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2