Ciri Khas Negara Kesatuan: Arti, Kelebihan, dan Kekurangan

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 21:31 WIB
Ilustrasi Indonesia.
Foto: (istimewa)/Ciri Khas Negara Kesatuan: Arti, Kelebihan, dan Kekurangan
Jakarta -

Negara kesatuan menjadi sebuah sistem yang banyak digunakan negara di dunia, termasuk Indonesia. Dengan sistem ini, kebanyakan atau semua sistem birokrasi berada di bawah pemerintah pusat.

Sistem negara kesatuan sangat berbeda dengan federal yang membagi kekuasaannya menjadi beberapa bagian terpisah. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negara kesatuan adalah bentuk sistem berdaulat.

"Negara yang kedaulatan ke luar dan ke dalam dan kekuasaan untuk mengatur dan memimpin seluruh daerah negara berada pada pemerintah pusat," tulis KBBI dalam penjelasan soal ciri khas negara kesatuan.

Berikut penjelasan lebih detail soal ciri khas negara kesatuan:

A. Arti dari ciri khas negara kesatuan

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, pemerintah pusat pada negara kesatuan biasanya mendelegasikan kekuasaannya pada subnational units. Pendelagasian bertujuan melaksanakan kebijakan pusat sesuai kondisi di wilayah masing-masing.

Pelaksanaan sistem negara kesatuan bervariasi di tiap wilayah yang menerapkannya. Misal otonomi sebagai subnational units, atau berbagi peran antara pemerintah pusat dan masyarakat. Untuk sistem ini, separuh merupakan hasil penunjukan pemerintah pusat sedangkan yang lain adalah hasil pemilih masyarakat setempat.

B. Kelebihan dari ciri khas negara kesatuan

Dalam sistem negara kesatuan (unitary government), warga hanya perlu tunduk satu aturan yang dibuat pemerintah untuk seluruh warganya. Sistem ini sangat mudah, sederhana, mudah diterapkan dan tidak perlu biaya tinggi. Berikut keuntungan lain dari negara kesatuan:

1. Bisa meningkatkan persatuan antar warga karena kesamaan aturan

2. Sistem negara kesatuan sangat baik diterapkan di negara yang luas wilayahnya tidak terlalu besar

3. Tidak ada tingkatan pemerintahan yang harus disupport dengan dana pusat sehingga lebih hemat

4. Lebih stabil karena sistem ini memungkinkan berbagai suku, agama, ras, golongan, dan gender kerja sama dalam pemerintahan

5. Sistem negara kesatuan memungkinkan lebih cepat mengambil keputusan

6. Pemerintah bertanggung jawab atas seluruh pembangunan, sehingga hasilnya lebih merata dan seragam.

C. Kekurangan dari ciri khas negara kesatuan

Serba terpusat mengakibatkan sistem negara kesatuan cenderung lebih lama merespon permasalahan di wilayahnya. Tidak ada bagian dari pemerintah pusat di daerah yang bisa segera merespon jika ada masalah. Pemerintah pusat juga berisiko tidak bisa memantau pemasalahan di darah. Berikut kekurangan lain negara kesatuan:

1. Tekanan pada pemerintah pusat sangat besar

2. Pemerintah pusat cenderung menjadi diktator

3. Peluang untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan kebijakan yang dibuat pemerintah sangat kecil

4. Pada beberapa kasus, distribusi dari pemerintah pusat mungkin tidak rata. Beberapa wilayah dan kelompok minoritas mungkin dicuekin karena alasan politik

5. Mematikan inisiatif di wilayah setempat karena cenderung menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

(row/pal)