Tiket Penyeberangan Bisa Dibeli Online, Transaksi Aman di Tengah Pandemi

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 14:08 WIB
3 menteri Jokowi meresmikan layanan pembelian tiket online di Pelabuhan Merak.
3 menteri Jokowi resmikan metode pembelian tiket online di Pelabuhan Merak (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio meresmikan metode pembelian tiket penyeberangan secara online Pelabuhan Merak, Banten. Pengelola pelabuhan sudah tidak lagi menerima pembelian tiket secara tunai.

Masyarakat yang hendak menggunakan jasa transportasi laut mesti membeli tiket bisa melalui website atau aplikasi Ferizy. Pengguna jasa bisa memesan tiket secara daring 3 bulan sebelum keberangkatan.

"Apa yang sudah kita nantikan bersama dalam rangka meningkatkan layanan angkutan penyeberangan akhirnya bisa diwujudkan. Dengan pembelian tiket secara online, masyarakat kini bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. PT ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari," kata Budi Karya dalam sambutannya di Terminal Ekaekutif Merak, Sabtu (25/7/2020).

Budi mengatakan sudah terhubungnya tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang tentunya akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menyeberang melalui lintasan Merak-Bakauheni. Menurutnya, di masa pandemi COVID-19 yang masih belum tahu kapan akan berakhir, pembelian tiket secara online dapat meminimalisasi transaksi secara tunai dan tatap muka dengan petugas sehingga lebih aman, cepat dan sehat.

Sementara itu, Wishnutama menyebut pemerintah menargetkan untuk shifting dari target kuantitas ke kualitas wisatawan. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan untuk dapat mendukung target tersebut adalah peningkatan pelayanan.

Dia mengatakan kehadiran Ferizy menjadi bagian dari peningkatan pelayanan bagi wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dalam mobilitas antarpulau di Indonesia. Terlebih, kata dia, di era industri 4.0 saat ini yang juga semakin terdorong oleh pandemi dimana disrupsi digital lebih cepat dari yang seharusnya terjadi.

"Prefensi produk dan layanan wisatawan ke depan akibat pandemi akan lebih mengutamakan higienitas. Kehadiran Ferizy akan mengurangi kontak sehingga akan membuat wisatawan merasa lebih aman dan nyaman," ujarnya.

Tonton video 'Respons Lion Air Terkait Penuhnya Penumpang di Kabin Pesawat':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)