Sekjen PDIP: Anak Muda Berpolitik, Siapa Takut?

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 19:42 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan para kepala daerah dan kadernya ikut membantu hentikan penyebaran virus Corona. Hal itu diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menggelar teleconference dengan Mega menyikapi pandemi Corona di Indonesia. Begini potretnya.
Foto: dok. PDIP-Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Jakarta -

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP menempatkan pendidikan politik dan proses kaderisasi kepemimpinan sebagai tradisi yang tak pernah berhenti.

Menurutnya di PDIP kaum muda Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan apa yang Bung Karno maksudkan dengan 'berilah aku 10 pemuda, maka aku guncang dunia'.

"Kami yakin, kaum muda adalah energi pergerakan bangsa. Jadi anak muda berpolitik, siapa takut?" ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Jumat (24/7/2020).

Pernyataan ini disampaikan ketika Hasto menjadi pembawa acara dalam diskusi interaktif secara virtual bertajuk 'Calon Kepala Daerah Muda Bicara Politik Dedikasi, Motivasi, hingga Respons Politik Dinasti' hari ini dengan menghadirkan para calon kepala daerah muda yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020.

Para calon kepala daerah muda tersebut adalah Calon Wali Kota (Cawalkot) Petahana Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi); Cawalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka, Cawalkot Kediri, Hanindhito Himawan Pramana; Bupati Banyuwangi, Azwar Anas; dan Calon Bupati (Cabup) Jembarana, I Made Kembang Hartawan (Bung Kembang).

Dalam acara tersebut, PDIP buka-bukaan bersama figur muda yang menjadi calon kepala daerah untuk berbicara bebas namun tetap objektif dan substantif. Mulai dari Gibran Rakabuming dan Hanindito Himawan Pramana yang akan bercerita tentang langkah politiknya, motivasi, serta inovasi yang disiapkan untuk memenangkan pilkada di daerahnya masing-masing hingga I Made Kembang Hartawan, sosok muda yang sudah 2 kali menjadi wakil bupati dan kini maju sebagai calon bupati.

Hadir pula 2 kepala daerah yang selama ini dikenal menunjukkan best practices pemerintahan daerah, mereka adalah Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Keduanya menjadi narasumber penanggap sekaligus berbagi materi pengalamannya.

Hendrar PrihadiHendrar Prihadi Foto: dok PDIP

Ia mengatakan DPP PDIP melakukan ini untuk merespons aspirasi yang berkembang dari kaum muda dan media massa untuk menghadirkan politik dengan cara kreatif, penuh optimisme, tampilkan sense of happiness, namun tetap berakar kuat pada kebudayaan Indonesia.

"Para pemudi dan pemuda Indonesia yang bergabung di PDI Perjuangan harus memiliki cita-cita tinggi, dan bebas bermimpi, mau menjadi budayawan, sejarawan, atau menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, atau silahkan bermimpi menjadi walikota, bupati, menteri, bahkan menjadi presiden sekalipun," pungkas Hasto.

(ega/ega)