Istana Jelaskan Cek Kesehatan Rutin Jokowi-Iriana untuk Antisipasi Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 17:43 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menerangkan soal Presiedan Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya Iriana yang secara rutin selalu mengecek kesehatan antisipasi virus Corona. Heru menyebut jajaran di lingkungan Istana juga selalu menjalani rapid test lebih dulu sebelum bertemu Jokowi.

"Saya terakhir swab itu kemarin. Dan alhamdulillah hasilnya negatif. Dan setiap pagi, kami dengan pak deputi yang berinteraksi dengan Bapak Presiden selalu rapid test. Dan juga termasuk dengan perangkat Bapak Presiden kami melakukan dua bulan sekali baru pergantian," kata Heru, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Termasuk Iriana, lanjut Heru, ibu negara beserta keluarga juga melakukan tes untuk mencegah virus Corona. Terlebih sampai saat ini angka kasus juga masih terus bertambah.

"Ibu negara dengan Bapak Presiden dan keluarga sama perlakuannya. Kami lakukan test kesehatan dengan rutin," ujar Heru.

Heru menerangkan, setiap orang yang dekat dengan Jokowi, termasuk juru masak selalu dilakukan swab baik sebelum maupun setelah bergantian setiap dua bulan. Termasuk paspampres yang melakukan penjagaan terhadap Presiden.

"Misalnya besok ada jadwal pergantian dua bulan, berarti malam ini yang baru sudah kami lakukan swab. Masuk, dan dia bekerja tidak boleh berinteraksi dengan yang lainnya sampai dengan 2 bulan berikutnya," terang Heru.

Pihak Istana selalu melakukan protokol kesehatan secara ketat. Termasuk setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Corona usai dari Jakarta dan sempat bertemu Jokowi.

Heru mengatakan, ruangan yang setiap hari akan digunakan Presiden Jokowi selalu disterilisasi.

"Jadi misalnya Bapak Presiden akan bekerja hari2 di istana negara, berarti pukul 06.00 WIB kami lakukan sterilisasi dan orang tidak boleh masuk. Saya rasa sudah ketat, sudah maksimum, dan tentunya kami berdoa semoga semuanya tidak tertular dan untuk Pak Wakil Wali Kota Solo kami berdoa semoga semuanya tetap sehat dan bisa melalui ini dengan baik," ujar Heru.

(idn/fjp)