Erdogan Tunjuk Tiga Orang Ini Jadi Imam Masjid Hagia Sophia

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 17:27 WIB
Salat Jumat pertama diselenggarakan di Hagia Sophia hari ini. Jemaah pun memadati halaman masjid jelang pelaksanaa Salat Jumat.
Foto: AP Photo/Erdogan Tunjuk Tiga Orang Ini Jadi Imam Masjid Hagia Sophia
Jakarta -

Otoritas Agama Turki menunjuk tiga imam masjid dan lima muazin untuk bertugas di Hagia Sophia. Mereka akan menjalankan tugas mulai hari ini, Jumat (24/7) setelah Hagia Sophia sah diresmikan oleh Presiden Tukri Recep Tayyip Erdogan.

Persemaiannya sendiri dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan sholat Jumat di Hagia Sophia. Ibadah tersebut menjadi kali pertama sejak 86 tahun berfungsi sebagai museum.

Dikutip dari The Globe and Mail, salah satu imam yang ditunjuk adalah Mehmet Boynukalin yang merupakan profesor hukum Islam di Universitas Marmara Istanbul. Lalu, dua imam lainnya adalah Ferruh Mustuer dan Bunjamin Toocuoglu yang berasal dari masjid di Istanbul lainnya.

Kemudian, dua dari lima orang muazin terpilih atau orang yang mengumandangkan adzan berasal dari Masjid Biru Istanbul yang terkenal.

Sementara itu, pelaksanaan sholat Jumat di Hagia Sophia diamankan oleh 17.000 personel kemamanan. Diperkirakan ada 1.000 orang yang hadir dan mengikuti ibadah perdana tersebut.

Selama pelaksanaan sholat Jumat, gambar dan monumen Kristiani di dalam Hagia Sophia ditutup dengan tirai. Namun, penutupan hanya dilakukan pada waktu sholat sehingga pengunjung masih dapat menikmatinya.

(pay/erd)