Rail Express Sudah Layani Pengiriman 10.581 Ton Barang

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:44 WIB
Rail Express
Foto: KAI
Jakarta -

Rail Express, layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk jasa angkutan retail station to station mengalami peningkatan permintaan. Pada Juni 2020, KAI telah melayani 10.581 ton barang retail atau naik 73% dibanding Mei 2020 sebesar 6.103 ton.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Ia juga mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, dan aman.

Tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express. Untuk rute Jakarta-Bandung, tarifnya Rp 600/kg, Jakarta-Surabaya tarifnya Rp 1.500/kg, Jakarta Malang tarifnya Rp 1.700/kg. Tarif tersebut berlaku dengan minimal angkutan 5 kg kecuali untuk angkutan sepeda motor akan dihitung berdasarkan kapasitas CC.

"Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

Layanan Rail Express mencakup berbagai jenis barang, seperti paket, sepeda motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan. Layanan ini telah tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa.

Khusus bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Pada bulan Juni, angkutan pangan yang dilayani sebanyak 693 ton atau meningkat 49% dibanding bulan Mei sebanyak 464 ton.

"Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan," tambahnya.

Pada periode Juni, beberapa bahan pangan favorit yang dikirim melalui Rail Express yaitu tahu susu sebanyak 327 ton dari wilayah Kertosono, Nganjuk dan Jombang dengan tujuan DKI Jakarta. Selain itu ada 48 ton kebab dari Surabaya menuju Jakarta dan 47 ton makanan kemasan dari dan menuju berbagai wilayah.

KAI juga menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 dalam pengiriman barang. Pada loket Rail Express, KAI menerapkan social distancing, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, mewajibkan petugas mengenakan masker dan rutin diperhatikan kesehatannya, serta petugas juga akan rutin melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.

Joni mengatakan Rail Express merupakan bagian dari peningkatan layanan angkutan barang KAI saat belum maksimalnya kinerja angkutan penumpang di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan hadirnya layanan Rail Express ini, kami harap dapat membantu urusan pengiriman logistik masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru dengan murah, cepat, dan aman," sambungnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Rail Express, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

(mul/mpr)