Anggota DPRD Sumut Tersangka Penganiayaan Polisi, PDIP: Partai Jadi Korban

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:43 WIB
Djarot Saiful Hidayat (Mochammad Zhacky/detikcom)
Djarot Saiful Hidayat (Mochammad Zhacky/detikcom)
Medan -

Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) dari Fraksi PDIP, Kiki Handoko Sembiring, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan polisi. Plt Ketua PDIP Sumut Djarot Siaful Hidayat menyebut partai tempatnya bernaung menjadi korban akibat ulah Kiki.

"Perbuatan yang bersangkutan ini melukai kita. Yang jadi korban itu bukan dia sebetulnya, tapi partai. Oleh karena itu, maka kita akan berikan sanksi tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan. Karena PDIP tidak mentolerir tindakan-tindakan seperti itu, apalagi harusnya dia menjadi contoh bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19," ujar Djarot di kantor DPD PDIP Sumut, Kamis (23/7/2020).

Djarot kembali menegaskan bahwa tindakan Kiki tidak ada hubungannya dengan PDIP. Dia meminta Kiki bertanggung jawab atas perbuatannya.

"Satu, ya, apa yang dilakukan oleh yang bersangkutan itu adalah tindakan pribadi. Maka, siapapun yang berbuat, harus berani bertanggung jawab. Dan PDI Perjuangan tidak akan memberikan bantuan hukum. Itu yang pertama," tegasnya.

Sebelumnya, Kiki Andoko Sembiring dan 16 orang lainnya diamankan polisi karena diduga melakukan penganiayaan terhadap dua orang personel kepolisian di parkiran Capital Building, Minggu (19/7) malam. Polisi kemudian melakukan pemeriksaan.

Saat ini, ada 10 orang yang telah menjadi tersangka. Kiki adalah salah satunya.

"Salah satu yang kita jadikan tersangka inisial KHS," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko saat dimintai konfirmasi.

(zak/zak)