Amien Rais Sindir PAN Tak Pakai Akal Sehat Saat Sowan ke Jokowi

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:01 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Politikus senior PAN Amien Rais menyindir pengurus partai berlambang matahari itu yang sowan ke Istana bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Amien Rais menyebut PAN yang datang ke Istana dipimpin Ketum Zulkifli Hasan tak memakai akal sehat.

"Tapi malah ini saya lihat kemarin, ya Allah, sama sowan, kemudian 'mohon maaf baru kali ini kami, Bapak Presiden, saya mengenalkan pengurus baru'. Dalam hati, saya kasihan ya, kok tidak menggunakan akal sehatnya," ungkap Amien Rais dalam perbincangan dengan Tengku Zulkarnain yang tayang di YouTube, seperti dilihat detikcom, Kamis (23/7/2020).

Amien Rais mengkritik pimpinan PAN karena seakan 'merapat' ke kubu Jokowi. Zulkifli Hasan cs disebut tak menggunakan keimanannya.

"Tidak menggunakan keimanannya, kemudian yang dibela itu siapa, jadi dimatikan akal quraniyah-nya itu, dimatikan akidahnya itu," tutur Amien Rais.

Mantan Ketum PAN itu lalu memberi masukan kepada jajaran PAN. Menurut Amien Rais, PAN melakukan kesalahan bila mendekat ke rezim pemerintahan saat ini. Ia juga menyindir soal utang negara.

"Berhitunglah dengan rasio, di atas itu juga berhitung dengan keimanan. Kalau Anda tetep ingin dukung rezim ini, itu jelas sesuatu langkah yang keliru bin salah. Jadi tidak ada rasionya, tidak ada rasionalisasinya," ucapnya.

"Ya sudah, pokoknya kita kalau ekonomi sudah hancur-hancuran, kemudian ini insyaallah kan tenggelam, tenggelamnya bisa 2024 sesuai dengan konstitusi, bisa lebih cepat dari itu kalau Allah menghendaki," imbuh Amien Rais.

Mantan Ketua MPR ini juga mengklaim dirinya telah dikeluarkan dari PAN oleh para anak buahnya dulu. Itu, kata Amien Rais, lantaran ia tak setuju PAN merapat ke rezim Jokowi.

"Jadi saya sudah nggak di PAN lagi, saya udah dikeluarin sama anak-anak buah saya itu, karena saya tidak setuju bergabung dengan rezim yang sudah nggak ketulungan itu ya, sementara mereka tetap yakin bahwa dengan bergabung rezim Jokowi akan dapat logistik, akan dapat segala macam itu, bahkan... saya tahu lebih banyak lagi, tapi untuk itu sekian dulu. Makasih," ujar dia.

PAN sudah membantah pihaknya mengeluarkan Amien Rais. Ketum PAN Zulkifli Hasan pun disebut tidak pernah berpikir untuk mengeluarkan Amien Rais dari partai.

"Mana mungkin Pak Amien Rais dikeluarkan dari PAN? Pak Amien adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN, pernah menjadi Ketua Umum PAN, dan menjadi personifikasi bahwa PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," terang Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (23/7).

Seperti diketahui, sejumlah petinggi PAN mengunjungi Presiden Jokowi di Istana, Senin (20/7). Rombongan PAN datang dipimpin langsung oleh Ketum Zulkifli Hasan. Viva Yoga mengatakan pertemuan secara umum guna menyambung silaturahmi sekaligus memperkenalkan struktur kepengurusan baru PAN seusai kongres.

"Silaturahmi menyambung rasa kekeluargaan setelah pasca-pelaksanaan Kongres Ke-5 PAN di Kendari, Februari 2020. Setelah Kongres, saat itu sudah ada kesediaan waktu Pak Presiden Jokowi untuk berkenan hadir di saat pelantikan pengurus baru DPP PAN 2020-2025," kata Viva Yoga, sebelumnya.

(ear/imk)